Wakil Ketua KPK Diperiksa Soal Dugaan Pemerasan Firli Bahuri terhadap Syahrul Yasin Limpo

Wakil Ketua KPK Diperiksa Soal Dugaan Pemerasan Firli Bahuri terhadap Syahrul Yasin Limpo

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata. -ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat-

FIN.CO.ID - Buntut pertemuan Ketua KPK Firli Bahuri dengan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata diperiksa Dewan Pengawas (Dewas) KPK.

Alex mengatakan, pemeriksaan tersebut masih berkaitan dengan dugaan pemerasan hingga foto viral pertemuan Firli dan Syahrul Yasin Limpo. 

"Terkait dengan dugaan pemerasan, juga klarifikasi terkait dengan foto, itu aja yang ditanyakan. Terkait dengan pemerasan, saya kan nggak tahu peristiwanya seperti apa," kata Alex kepada wartawan di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Senin 30 Oktober 2023.


Ketua KPK Firli Bahuri dan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo--

Alex kemudian menjelaskan bahwa KPK telah menerima laporan dugaan korupsi di Kementerian Pertanian sejak Februari 2020.

"Betul, pada bulan Januari 2020. Betul ini saya punya catatan, pada Februari 2020 betul ada laporan masyarakat terkait dugaan tindak pidana korupsi di Kementan," katanya.

Meski demikian, Alex mengatakan laporan itu tidak langsung ditindaklanjuti. Laporan itu baru ditindaklanjuti setahun kemudian, yakni pada Januari 2021 dengan melakukan pengumpulan informasi.

BACA JUGA:

Proses pengumpulan informasi terus berlanjut dan pada April 2021, Satgas Penyelidikan menyatakan laporan tersebut dinilai telah layak untuk dimulai penyelidikan. Namun, laporan tersebut akhirnya tidak dilanjutkan.

Lembaga antirasuah kemudian menerima pengaduan masyarakat yang berbeda terkait dugaan korupsi di Kementan. Laporan tersebut yang kemudian ditindaklanjuti dan berakhir dengan penetapan Syahrul Yasin Limpo sebagai tersangka.

"Jadi, kemarin yang mana Pak Alex sprinlidik (surat perintah penyelidikan) yang kita tetapkan tersangka? Itu informasi dari dumas (pengaduan masyarakat) dan sebagian ada dari dumas juga," ujarnya.

Rumah yang disewa Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dikabarkan sebagai lokasi pertemuan antara Firli dan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Rumah yang terletak di Jalan Kartanegara nomor 46 itu tak lepas dari penggeledahan penyidik Polda Metro Jaya dalam kasus dugaan pemerasaan pimpinan KPK kepada mantan Mentan SYL.

Terkait kabar yang menyebut rumah tersebut sebagai lokasi pertemuan dengan SYL, Firli Bahuri langsung membantahnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: