Diresmikan Hari ini, Jokowi Sebut Tol Indralaya-Prabumulih Akan Berikan Manfaat Ganda

Diresmikan Hari ini, Jokowi Sebut Tol Indralaya-Prabumulih Akan Berikan Manfaat Ganda

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yakni Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Indralaya – Prabumulih garapan PT Hutama Karya (Persero), Kamis 26 Oktober 2023-Credit Image: Hutama Karya-

FIN.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meresmikan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yakni Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Indralaya – Prabumulih garapan PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) sepanjang 64,5 km, dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan, pada hari ini Kamis (26/10).

Untuk pertama kalinya, peresmian ruas tol ini bukan dilakukan di Gerbang Tol melainkan di Titik Nol Tol Indralaya – Prabumulih. Dalam peresmian ini, Presiden RI didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni, Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, Pj Walikota Prabumulih Elman, dan Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden mengatakan bahwa tol ini merupakan bagian dari 2.800km jalan tol di Sumatera yang sedang dibangun oleh pemerintah, dimana akan meningkatkan kecepatan mobilitas barang dan jasa sehingga daya saing menjadi semakin baik. 

Ia juga menekankan betapa pentingnya peningkatan infrastruktur yang akan terus dilanjutkan oleh pemerintah agar dapat bersaing dengan negara-negara lain, yang pembangunannya dapat melalui APBN, BUMN, hingga swasta.

BACA JUGA:

“Tol Indralaya - Prabumulih sepanjang 64,5km telah selesai dan segera dioperasikan. Jalan tol ini sudah dibangun sejak 2019 dengan medan yang tidak mudah, utamanya di Sumatera Selatan dengan biaya investasi Rp 12,5 Triliun. Investasi memang besar, tetapi manfaat bagi negara dan rakyat akan sangat luar biasa kalau kita bisa menaikkan produktivitas yakni dengan menyambungkan jalan tol ke kawasan pertanian, pariwisata, perkebunan, industri, maka manfaatnya akan sangat besar sekali,” tutur Jokowi.


Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Tol Indralaya-Prabumulih yang digarap PT Hutama Karya (Persero) pada Kamis 26 Oktober 2023.-Credit Image: Hutama Karya-

Pembangunan jalan tol ini juga mendapatkan dukungan dari pemerintah, dalam hal ini Komisi V DPR RI pada Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik ke Provinsi Sumatera Selatan. 

Diwakili oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Roberth Rouw, menyampaikan apresiasi terhadap percepatan konektivitas infrastruktur tol di Sumatera Selatan kepada Direktur Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga, Triono Junoasmono melalui keterangan resmi di laman web Kementerian PUPR pada (10/9) lalu.

Triono Junoasmono menyampaikan jalan tol yang dikelola oleh Hutama Karya ini dapat memangkas waktu tempuh masyarakat.

BACA JUGA:

“Selain memacu pertumbuhan ekonomi, jalan tol ini dapat memangkas waktu kurang lebih 1 jam dari Palembang menuju Prabumulih, dari semulanya apabila melalui jalan arteri bisa mencapai 2 jam lebih,” ujarnya.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo, mengatakan jalan tol ini telah menerima Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR pada bulan Juli lalu, dan beroperasi tanpa tarif sejak tanggal 30 Agustus 2023.

Adapun Volume Lalu Lintas (VLL) kendaraan yang melintas sejak awal beroperasi (30/08) hingga Senin (23/10) melebihi prediksi Hutama Karya, tercatat sebanyak total 309.733 kendaraan “Melihat antusiasme masyarakat, diharapkan jalan tol dapat menjadi pilihan masyarakat utamanya ketika hari besar seperti Natal, Tahun Baru 2024, dan Mudik Lebaran mendatang,” tutur Tjahjo.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: