Begini Reaksi Megawati Saat MK Muluskan Gibran sebagai Cawapres

Begini Reaksi Megawati Saat MK Muluskan Gibran sebagai Cawapres

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dalam Puncak Bulan Bung Karno di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (24/6/2023).--

FIN.CO.ID- Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto mengungkapkan reaksi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri ketika Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan batas umur minimal capres cawapres. 

Hasto mengatakan bahwa Megawati telihat santai dan tetap menjalankan kegiatan partai dengan meresmikan sejumlah kantor baru PDIP di tingkat daerah.

"Justru di tengah berbagai dinamika politik yang terjadi di Mahkamah Konstitusi, Bu Mega santai-santai saja, beliau tetap melakukan pelembagaan partai," kata Hasto di kantor media center TPN Ganjar, Menteng, Jakarta Pusat, Senin malam WIB, 16 Oktober 2023.

Hasto mengatakan bahwa PDIP tidak terpengaruh oleh dinamika di MK. Hasto menyebut semua kader saat ini masih fokus pada pemenangan Ganjar di Pilpres 2024.

BACA JUGA:

"Sehingga instruksi Ibu Megawati Soekarnoputri tadi kepada seluruh kader bahwa capres dan cawapres yang ditetapkan oleh Ibu Mega dan akan diumumkan dalam waktu dekat," ujarnya. 

Sebelumnyax MK kabulkan gugatan uji materi UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum terkait batas usia capres-cawapres yang diajukan mahasiswa UNS bernama Almas Tsaqibbirru Re A. Almas. Dengan putusan ini, Gibran Rakabuming berpeluang menjadi Cawapres. 

Dalam amar putusannya, MK menyatakan batas usia capres-cawapres tetap 40 tahun. Kecuali yang pernah atau sedang menjabat dan dipilih melalui pemilu. Termasuk pemilihan kepala daerah.

BACA JUGA:

Gerindra Tancap Gas Komunikasi dengan Gibran


Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. -Antara Foto Mohammad Ayodha-

Partai Gerindra telah membangun komunikasi dengan putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka usai Mahkama Konstutis (MK) kabulkan gugatan batas umur minimum capres cawapres, Senin 16 Oktober 2023.

Demikian disampaikan oleh sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani. 

"Ada komunikasi (dengan Gibran), tapi bukan saya yang komunikasi," ujarnya, Senin malam, 16 Oktober 2023.

Muzani tidak mengungkapkan siapa yang melakukan komunikasi tersebut. Namun Ia menegaskan bahwa partainya masih menunggu para Ketua Umum dari Koalisi Indonesia Maju untuk mengumumkan calon wakil presiden Prabowo Subianto. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: