Perintah Prabowo: Pimpinan KIM Jangan Jauh-jauh Dari Jakarta Menjelang Pendaftaran Capres-Cawapres!

Perintah Prabowo: Pimpinan KIM Jangan Jauh-jauh Dari Jakarta Menjelang Pendaftaran Capres-Cawapres!

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka--Instagram @Prabowo

FIN.CO.ID - Calon Presiden (Capres) yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memerintahkan kepada para pimpinan partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk tidak pergi jauh-jauh dari Jakarta, menjelang pendaftaran Capres dan Cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Pernyataan itu disampaikan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani, saat rapat bersama ketua umum dan sekretaris jenderal (sekjen) partai dari Koalisi Indonesia Maju di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta, Jumat malam 13 Oktober 2023, dilansir Antara.

“Pak Prabowo tadi meminta agar para ketua umum dan sekjen partai koalisi dalam minggu-minggu ini tidak jauh-jauh dari Jakarta, karena kapan-kapan bisa kita ketemu dalam situasi dan kondisi yang mendadak sehingga beliau ingin mendapatkan update atau menyampaikan update,” kata Ahmad Muzani.

Prabowo Subianto bersama ketua umum dan sekjen dari Koalisi Indonesia Maju mengadakan rapat pada Jumat malam. Para pimpinan partai yang hadir, yaitu Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Lodewijk Freidrich Paulus, Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beserta Sekjen Teuku Riefky Harsya, Ketum PAN Zulkifli Hasan beserta Sekjen Eddy Soeparno, Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra beserta Sekjen Afriansyah Noor, Ketum Partai Gelora Indonesia Anis Matta beserta Waketum Gelora Fahri Hamzah, serta Ketum Prima Agus Jabo Priyono.

BACA JUGA:

Rapat tersebut berlangsung selama kurang dari satu jam dan sebagian hasilnya disampaikan dalam jumpa pers oleh Prabowo.

Prabowo menyatakan dalam beberapa hari ke depan Koalisi Indonesia Maju akan menetapkan bakal cawapres yang mendampingi dirinya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Selepas rapat, Prabowo menyatakan bursa bakal cawapres mengerucut menjadi empat nama.

“Kami akan kumpul dan beberapa hari lagi untuk memutuskan yang terakhir dari empat menjadi satu,” kata Prabowo saat jumpa pers selepas rapat.

Sejauh ini, empat nama kandidat cawapres itu belum diumumkan oleh Prabowo. Dia hanya menyebutkan daerah-daerah asal para kandidat itu.

BACA JUGA:

“Tentang cawapres tadi, kami diskusi. Setiap ketua partai menyampaikan pandangan-pandangannya, yang akhirnya kami pada malam ini mengerucut menjadi empat nama. Empat nama yang bisa saya sampaikan, satu calon dari luar Jawa, satu dari Jawa Barat, satu dari Jawa Tengah, satu dari Jawa Timur,” tegas Prabowo.

Usai jumpa pers, Wakil Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Fahri Hamzah menyebut dari empat nama itu, salah satunya ialah kandidat perempuan.

Jika merujuk pada nama-nama bakal cawapres yang saat ini muncul dalam sejumlah survei, empat nama itu dapat merujuk pada Gibran Rakabuming Raka (Jawa Tengah) dan Khofifah Indar Parawansa (Jawa Timur).

Ada pula kemungkinan nama Erick Thohir, yang merupakan keturunan Lampung dan Jawa Barat; sementara Airlangga Hartarto merupakan politikus kelahiran Surabaya, Jawa Timur, dan berketurunan Jawa Tengah.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: