Jokowi dan SBY Bertemu di Tengah Isu Reshuffle Kabinet, Bahas Apa?

Jokowi dan SBY Bertemu di Tengah Isu Reshuffle Kabinet, Bahas Apa?

Arsip pertemuan Presiden Jokowi dan SBY 2017. (Foto: Anung/SBY Center) --

FIN.CO.ID- Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor Jawa Barat kemarin, Senin 2 Oktober 2023.

Pertemuan keduanya dilakukan secara tertutup selama kurang lebih 1 jam. 

Usai pertemuan, Presiden Jokowi terlihat mengantar SBY hingga ke kendaraannya di pelataran Istana Bogor. 

Keduanya tampak sama-sama mengenakan batik dan terlihat berbincang akrab menuju kendaraan.

Belum diketahui pembahasan antara SBY dengan Presiden Joko Widodo dalam pertemuan itu. 

Pertemuan SBY dengan Jokowi terjadi di tengah makin menghangatnya suhu politik di Tanah Air menjelang pendaftaran bakal calon presiden dan calon wakil presiden yang disepakati maju mulai 19 Oktober 2023.

BACA JUGA:

Selain itu, pertemuan tersebut juga terjadi di tengah mencuatnya isu perombakan (reshuffle) kabinet karena dugaan keterlibatan dua menteri Kabinet Indonesia Maju dalam kasus hukum.

Diketahui, sejak 2014, Demokrat selalu berada di luar pemerintahan Presiden Jokowi. Sikap yang sama juga diambil setelah Pilpres 2019.

Namun, Demokrat belum lama ini mengumumkan bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju yang dipimpin oleh bakal calon presiden Prabowo Subianto. 

Koalisi itu mencakup sejumlah partai pendukung pemerintah termasuk Gerindra, Partai Amanat Nasional, Golkar, dan Partai Bulan Bintang. 

Sementara itu, Deputi Bappilu Partai Demokrat, Kamhar Lakumani mengatakan, pertemuan SBY dan Jokowi hanya sebatas silaturahmi kebangsaan. 

"Pertemuan dua presiden, Presiden RI ke-6 Pak SBY dan Presiden Jokowi tentu yang dibicarakan terkait politik kebangsaan dan politik kenegaraan," kata Kamhar kepada wartawan. 

Dia berharap, pertemuan dua tokoh itu bisa berdampak positif bagi dinamika politik jelang Pilpres 2024..

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: