Duet Prabowo Subianto Ganjar Pranowo Terjadi Jika Sama-sama Tidak Menemukan Cawapres

Duet Prabowo Subianto Ganjar Pranowo Terjadi Jika Sama-sama Tidak Menemukan Cawapres

Ganjar dan Prabowo--

Duet Prabowo Subianto Ganjar Pranowo - Isu duet Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan calon presiden dari PDIP Ganjar Prabowo direspons  pakar politik Sugeng Suharto. 

Ia berpandangan, duet Prabowo Subianto-Ganjar Pranowo untuk menjadi bakal calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2024 menjadi opsi terakhir. 

Yakni jika Prabowo dan Ganjar sama-sama tidak menemukan calon wakil presiden (cawapres) yang tepat.

Ia juga menilai, jika nantinya duet Prabowo dan Ganjar terbentuk, tidak ada hubungannya dengan sudah terbentuknya pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. 

"Duet Prabowo-Ganjar baru terjadi kalau keduanya memang tidak bisa mendapatkan pasangan yang kuat untuk menaikkan elektabilitas," kata Sugeng Suharto, Senin 25 September 2023.

Melihat karekteristik Gerindra, PDIP, Prabowo dan Megawati Soekarnoputri tentunya kata dia kedua belah pihak sama-sama menginginkan kursi presiden di pemilu. 

BACA JUGA:

Oleh sebab itu, kedua koalisi sampai saat ini masih belum mendeklarasikan pasangan calon wakil presiden baik bagi Prabowo maupun Ganjar.

"Namun duet Prabowo-Ganjar bisa saja terjadi, tidak ada yang tidak mungkin. Hanya saja apakah Ganjar, PDIP dan Megawati mau hanya dapat kursi cawapres. Begitu juga sebaliknya, apakah Prabowo mau jadi cawapres kalau Ganjar capresnya," kata Sugeng.

Dia menilai akan ada koalisi besar ketika duet Prabowo-Ganjar terealisasi. 

Hal tersebut tentu bisa menjadi kekuatan besar untuk mengalahkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Pemilu Presiden 2024.

"Tapi (kekuatan besar) belum tentu juga efektif, belum tentu semua akan ikut memenangkan. Contohnya Demokrat mengusung Prabowo tentu ada maksud ingin AHY jadi cawapres, namun ketika berpasangan dengan Ganjar, mau tidak mau Demokrat tetap mendukung karena telah mendeklarasikan, tapi mungkin menjadi pendukung yang pasif," ujarnya.

Sebelumnya, Wacana duet Ganjar Pranowo dengan Prabowo Subianto di pemilihan presiden (Pilpres) 2024 terus mencuat dan menjadi perbincangan publik. 

Hanya saja, yang masih jadi pertanyaan adalah, jika Prabowo dan Ganjar diet, siapa yang akan jadi capres dan cawapres? 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: