PKB Akan Putuskan Deklarasi Anies Baswedan-Cak Imin Hari Ini di Surabaya

PKB Akan Putuskan Deklarasi Anies Baswedan-Cak Imin Hari Ini di Surabaya

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyampaikan pidato politik di perayaan hari lahir (Harlah) ke-25 PKB di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Minggu (23/7/2023). --DPP PKB

Deklarasi Anies-Cak Imin- Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB akan memutuskan bergabung dengan Koalisi Perubahan untuk Persatuan dan mengusung Anies Baswedan-Muhaimain Iskandar atau Cak Imin hari ini di Surabaya, Jumat 1 September 2023. 

Hal ini ditegaskan oleh Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid alias Gus Jazil. Dia mengatakan, keputusan PKB diumumkan sore ini.

"Rapatnya akan diselenggarakan jam 3 hari ini, di Surabaya," katanya usai rapat pleno DPP PKB di Jakarta, Jumat 1 September 2023.

Dia menjelaskan PKB menyambut baik tawaran Partai NasDem untuk pasangkan Anies Basedan dengan Caki Imin sebaga Capres-Cawapres di Pilpres 2024.  

Terkait rapat gabungan di Surabaya, Gus Jazil menyatakan agenda itu turut mendengarkan arahan dan masukan dari para kiai.

Selain itu, hasil keputusan rapat nantinya akan memastikan agenda deklarasi Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, sebagai pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden. 

Kata dia, jika nantinya PKB keluar dari Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR), tetap akan berpamitan dengan Partai Gerindra.

Gus Jazil mengakui jika dinamika di PKB sangat alot terkait bergabungannya Muhaimin dengan Anies Baswedan dan Partai NasDem. Tetapi, semua elemen di PKB menyambut baik adanya tawaran kerja sama tersebut.

BACA JUGA:

PAN Minta PKB Berani Keluar dari Koalisi Indonesia Maju: 


Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kedua kanan) bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kedua kiri), Ketua Umum Partai Amanat Rakyat (PAN) Zulkifli Hasan (kiri), Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (kanan) b-ANTARA FOTO/Galih Pradipta-

Partai Amanat Nasional (PAN) meminta PKB bersikap jentelmen untuk mengumumkan keluar dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) setelah muncul duet Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar.

Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay menyebut sudah seharusnya PKB menyampaikan secara terbuka jika keluar dari Koalisi Indonesia Maju dan bergabung dengan Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP).

“Jika benar PKB akan bergabung dengan KPP, sebaiknya disampaikan saja secara terbuka. PKB sudah sepantasnya pamitan dengan semua partai Koalisi Indonesia Maju, sikap itu tentu akan sangat patriotik dan ksatria,” katanya saat dikonfirmasi, Jumat, 1 September 2023.

Dia menilai jika benar PKB bergabung ke KPP, maka sebaiknya partai politik yang berada di KIM diberitahu secara resmi agar tidak ada tafsir yang salah dan tidak tepat.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: