Profil Habib Umar bin Hafidz, Ulama Yaman Keturunan Rasulullah

Profil Habib Umar bin Hafidz, Ulama Yaman Keturunan Rasulullah

Habib Umar bin Hafidz--

Habib Umar bin Hafidz melakukan kunjungan ke Indonesia sekaligus tabligh akbar di beberapa kota Indonesia. Kedatangan ulama asal Yaman ini mendapat antusias dari kalangan umat Islam Indonesia. 

Berikut adalah profil Habib Umar bin Hafidz dan Garis Keturunannya: 

Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz lahir pada 27 Mei 1963 di Tarim, Yaman. Ia adalah seorang ulama dunia era modern yang saat ini tinggal di Tarim. 

Di sana dia mengawasi perkembangan sekolah Dar-al Musthafa dan berbagai sekolah lain yang telah dibangun di bawah manajemennya.

Umar bin Hafidz adalah keturunan dari keluarga ulama yang telah mewariskan ilmu keislaman selama berabad-abad. 

BACA JUGA:

Dari berbagai sumber, disebutkan bahwa garis keturunan Habib Umar sampai ke Rasulullah. 

Ayah Habib Umar berna Muhammad bin Salim bin Hafidz, adalah seorang mufti dalam mazhab Syafi'i. 

Kakeknya, Hafidz bin Abdullah bin Syekh Abu Bakar bin Salim, juga seorang ulama yang produktif. 

Sementara itu, saudara tertua Umar bin Hafidz, Ali Masyhur bin Muhammad bin Salim bin Hafidz, adalah seorang ahli fiqih yang sampai saat ini menjadi pemuka para mufti di Tarim.

Umar bin Hafidz telah menunjukkan kecerdasan sejak usia dini. Ia mulai belajar Al-Qur'an pada usia empat tahun dan telah menghafalnya pada usia tujuh tahun. Ia juga mempelajari berbagai ilmu keislaman lainnya, seperti fikih, tafsir, hadis, dan tasawuf.

Pada tahun 1981, Umar bin Hafidz pindah ke Al-Bayda', Yaman Utara. Di sana, ia belajar di sekolah Ribat dan menjadi murid dari Muhammad bin 'Abd-Allah al-Haddar dan Zain bin Sumait. Tak lama kemudian, ia ditunjuk sebagai guru di sekolah tersebut.

BACA JUGA:

Umar bin Hafidz juga aktif berdakwah dan mengajar di berbagai kota dan desa di Yaman. Ia juga sering mengadakan seminar dan ceramah di berbagai negara di dunia.

Umar bin Hafidz adalah seorang ulama yang memiliki ilmu yang luas dan wawasan yang mendalam.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: