Habib Rizieq Sempat Khawatir Kembali Dipenjara Gegara Ikut Reuni 212

Habib Rizieq Sempat Khawatir Kembali Dipenjara Gegara Ikut Reuni 212

Habib Rizieq Shihab -Reno Esnir-Antara

JAKARTA, FIN.CO.ID- Mantan petinggi FPI (Front Pembela Islam), Muhammad Rizieq Shihab atau Habib Rizieq ikut hadir dalam acara reuni Akbar 212 yang digelar di Masjid Agung At Tin, Jakarta Timur, Jumat 2 Desember 2022.

Sebelum hadir dalam acara tersebut, Habib Rizieq mengatakan, dirinya sempat khawatir melanggar hukum hingga kembali dipenjara. 

Seperti diketahui, Rizieq saat ini masih menjalani program pembebasan bersyarat oleh Balai Pemasyarakatan (Bapas) hingga 10 Juni 2024.

Jika Rizieq melakukan pelanggaran hukum, maka program pembebasan bersyarat itu dicabut dan Rizieq kembali masuk penjara sesuai ketentuan yang berlaku. 

BACA JUGA:Ada Maklumat, Polri Tegaskan Tak Beri Izin Keramaian Reuni 212

BACA JUGA:Anies Baswedan Kunjungi Habib Rizieq, Bahas Apa?

"Makanya saya konsultasi dengan pengacara. Nih kalau saya datang di reuni, ini pelanggaran hukum apa bukan? Ini yang jadi persoalan," kata dia di Masjid Agung At-Tin, Jakarta Timur, Jumat 2 Desember 2022.

"Kalau pelanggaran hukum, besok pembebasan bersyarat saya dibatalkan dan besok saya dicomot lagi ke penjara selama satu tahun. Tapi, kalau dianggap bukan pelanggaran hukum, enggak ada masalah," sambungnya.

Rizieq mengatakan, dirinya diberitahu oleh pengacaranya bahwa hadir dalam reuni 212 bukan sebuah pelanggaran hukum. 

"Pengacara bilang 'Habib, secara de jure secara hukum enggak ada masalah Habib hadir di reuni. Bahkan demo sekalipun enggak ada masalah karena demo itu dilindungi Undang-undang, Habib enggak melanggar hukum. Itu secara de jure," tutur Rizieq.

BACA JUGA:Soal Ferdy Sambo, Novel Bamukmin: Tenyata Benar Kata Habib Rizieq Negara Ini Darurat Kebohongan!

BACA JUGA:Kata Fadli Zon Soal Habib Rizieq: Alhamdulillah HRS Bebas Semoga...

"Tapi, secara de facto itu bisa menimbulkan masalah kalau ada orang-orang yang enggak suka mempermasalahkan," sambungnya.

Rizieq kemudian sebelum putuskan hadir di reuni 212, dia menanyakan kepastian bentuk dari acara itu. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: