7 Lagu Batak Terpopuler, Bikin Rindu Kampung Halaman

7 Lagu Batak Terpopuler, Bikin Rindu Kampung Halaman

Menteri BUMN Erick Thohir mendapat gelar Marga Batak Sidabutar (dok Ist)--

Masyarakat Suku Batak memiliki kebiasaan untuk menanyakan asal-usul dan marga dari setiap orang yang baru datang. Dengan mengetahui marga masing-masing, hubungan silaturahmi semakin erat dan harmonis.

3. Madekdek Ma Gambiri

Istilah "Madekdek Magambiri" dalam bahasa Batak berarti "terhamburlah buah kemiri." Lirik lagu ini mengungkapkan ungkapan hati seseorang yang jatuh cinta kepada pujaan hatinya.

Lagu ini mengandung keindahan bahasa Batak yang khas dan menyentuh perasaan para pendengarnya.

4. Alusi Au

Lagu Batak yang dipopulerkan oleh komponis Nahum Situmorang ini bercerita tentang keinginan si penyanyi yang tidak meminta harta atau ketenaran, seperti kebanyakan orang. 

Melalui lagu ini, penyanyi hanya ingin agar pujaan hatinya mencintainya. Ia berharap permintaan cintanya akan terjawab oleh sang pujaan pada masa yang akan datang. Lagu ini mengandung makna cinta yang sederhana namun mendalam.

5. Sik Sik Sibatumanikam

"Sik Sik Sibatumanikam" adalah lagu daerah Batak yang populer dari Sumatera Utara. Meskipun awalnya hanya populer sebagai lelucon karena nadanya yang mirip dengan ngerap, lagu ini mengisahkan kegembiraan seorang lelaki yang mengenang pertemuan dengan seorang gadis.

Dalam keceriaan dan kebahagiaannya, lelaki tersebut mengajak sang gadis berjalan-jalan sambil bernyanyi riang.

6. Dago Inang Sarge

Dago Inang Sarge memiliki makna tentang sepasang kekasih yang saling mencintai dengan tulus dan menerima satu sama lain apa adanya.

Namun, mereka harus menghadapi rintangan ketika mencari restu dari orang tua mereka, terutama sang ibu yang tidak memberikan restu untuk hubungan mereka. 

Lagu ini menggambarkan perasaan sedih dan tangis mereka karena kesedihan yang mereka alami akibat tidak mendapat restu dari orang tua.

7. Butet

Butet adalah sebuah lagu Batak yang mengangkat tema perjuangan, ciptaan Siddik Sitompul. Arti dari kata "butet" dalam bahasa Batak adalah anak perempuan. 

Lagu yang mengisahkan tentang seorang ayah yang merindukan anak perempuannya di rumah saat ia sedang berada di medan perang. Ayah tersebut memberikan pesan dan doa kepada anak perempuannya saat ia berjuang dalam perang gerilya.

Warisan dari Nenek Moyang

Demikian lagu daerah Batak terpopuler dan makna dari lagu-lagu tersebut. Musik Batak telah membawa kekayaan budaya dan warisan nenek moyang yang luar biasa.

Dengan akar yang dalam dan pesona yang menarik, lagu Batak tetap populer sepanjang masa. 

Musik ini bukan hanya seni yang indah, tetapi juga cerminan jiwa dan identitas suku Batak. Dengan adanya dukungan dan apresiasi dari masyarakat, musik Batak akan terus mengalun dan mempesona generasi mendatang.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Vitalis Yogi T.

Tentang Penulis

Sumber: