Mau Bisnis Sukses? Coba Tiru Strategi Marketing Gojek

Mau Bisnis Sukses? Coba Tiru Strategi Marketing Gojek

Belajar Strategi marketing Gojek-pixabay-

Strategi Marketing Gojek - Salah satu kunci sukses bisnis adalah strategi marketing yang benar dan tepat. Di antara sekian banyak strategi marketing yang ada, kamu bisa meniru strategi marketing Gojek. 

Terutama jika kamu sedang merintis bisnis startup. Tidak ada salahnya meniru strategi marketing Gojek. 

Sebagai perusahaan yang bergerak di jasa transportasi online, strategi marketing Gojek sudah terbukti. 

Melalui strategi marketing itu Gojek dapat menarget pasar dengan cepat, tepat dan efektif.  Pelayanan terbaik adalah bagian dari strategi marketing Gojek. Targetnya adalah pelanggan merasa puas dengan layanan yang diberikan. 

Buktinya dengan strategi marketing tersebut Gojek bisa diterima oleh masyarakat. Selain layanan, Gojek juga sukses membuka lapangan pekerjaan untuk banyak orang. 

Dengan layanan berbasis online tentu tidak mudah untuk mengenalkan ke publik. Tapi faktanya Gojek berhasil. Ini tak lepas dari strategi marketing yang Gojek jalankan. Kamu yang ingin berbisnis dan meraih sukses dapat mencoba strategi marketing Gojek ini. 

BACA JUGA:

Bagaimana Strategi Marketing Gojek 

 

  • Update Trend Pasar 

    Mengikuti perkembangan trend alias update trend sangat disarankan. Terlebih bisnis yang dipasarkan berupa produk atau layanan. Kamu harus kreatif menggali ide-ide brilian. Cari sesuatu yang lagi trend, booming atau viral. Tujuannya mempermudah informasi kepada publik. Intinya bisnis produk atau layanan kamu harus bisa menarik perhatian banyak orang. 
  • Punya Banyak Kemitraan atau Kerjasama

    Salah satu strategi marketing Gojek adalah dengan sistem kemitraan. Gojek menggandeng banyak pihak untuk terlibat dalam sebuah kerjasama. Strategi ini menguntungkan kedua belah pihak. Di satu sisi ada keuntungan secara finansial. Di sisi lain, keuntungan branding. 
  • Utamakan Customer Journey dan Customer Experience 

    Strategi marketing Gojek yang sangat jitu adalah fokus pada layanan customer journey dan customer experience. Dengan layanan tersebut, Gojek mampu menjawab semua yang dibutuhkan pelanggan hanya di satu aplikasi. Tentu saja pelanggan merasa senang. Karena semua kebutuhannya bisa dipenuhi. 


Belajar Strategi marketing Gojek-pixabay-

Strategi Marketing Gojek yang Bisa Ditiru

 

  • Lakukan Segmentasi Market 

    Target market atau pasar bisa berdasarkan perilaku, geografi, demografi, kebutuhan dan perilaku. Kota A misalnya. Kebutuhan masyarakatnya berbeda dengan kota B. 
  • Beri Penawaran Unik dan Menarik 

    Masyarakat, pembeli atau pelanggan sangat nyaman jika dimanjakan. Intinya cepat, nyaman dan mudah. Memberi penawaran unik di waktu-waktu tertentu bisa menjadi selling poin tersendiri. 
  • Kerjasama Strategis Dengan Banyak Mitra

    Pola kerjasama dengan branding lain dapat memperluas jangkauan dan nilai tambah. Pelajari bagaimana Gojek dengan GoFood menjalin kemitraan strategis dengan jutaan restoran di seluruh Indonesia.
  • Marketing Konten yang Relevan

    Target pasar dalam bisnis sangat penting. Kamu bisa bikin konten yang relevan untuk target market bisnis kamu. Bebas saja. Bisa berupa video, blog, atau infografis yang menjelaskan tentang bisnis kamu. 
  • Marketing Media Sosial untuk Menarik Pelanggan

    Media sosial saat ini sangat berperan dalam menjaring konsumen atau pelanggan. Gunakan medsos untuk interaksi, membangun komunitas, membuat iklan, dan membikin konten menarik.
  • Bikin Program Diskon dan Loyalitas 

    Untuk menarik pelanggan, kamu bisa menawarkan program loyalitas. Misalnya promo diskon, penawaran harga spesial, atau ada poin yang bisa ditukarkan dengan hadiah menarik.
  • Gunakan Marketing Influencer

    Untuk memperluas jangkauan bisnis, kamu bisa melibatkan influencer yang punya follower besar. Pilihlah influencer yang relevan dengan target pasar kamu. 
  • Buat Marketing Viral 

    Bisnis bukan sekedar uang. Untuk menarik pelanggan, kamu bisa mencoba membikin konten yang berpotensi viral. Misalnya video inspirasi atau video-video lucu.
  • Pakai Marketing Berbasis Lokasi 

    Kamu dapat memanfaatkan teknologi berbasis lokasi guna menargetkan pelanggan pada radius tertentu. Berikan penawaran khusus seperti promo diskon dan lain-lain yang bisa menarik konsumen.
  • Analisis Hasil Kinerja Marketing 

    Untuk memantau perkembangan bisnis, kamu dapat melacak kinerja setiap marketing dan analisis hasilnya. Dengan begitu, kamu bisa melakukan evaluasi dari apa yang sudah dilakukan.  Apa yang berhasil dan apa saja yang perlun dioptimalkan dalam strategi marketing ke depan.

BACA JUGA:

Demikian sejumlah strategi marketing Gojek yang bisa ditiru dan diaplikasikan pada bisnis kamu. Fokus pada produk, ikuti trend pasar, gunakan media sosial, buat penawaran unik dan punya ide kreatif adalah kuncinya. Selamat mencoba! 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: