Gandeng CSR Swasta, Pemkab Tangerang Revitalisasi Gedung SDN Carenang 3

Gandeng CSR Swasta, Pemkab Tangerang Revitalisasi Gedung SDN Carenang 3

Sekda Kabupaten Tangerang Saat Meresmikan Pengunaan Gedung SDN Carenang 3 Setelah Direvitalisasi Lewat CSR Swasta. --Rikhi Ferdian Untuk FIN.

Revitalisasi Sekolah Lewat CSR -- SDN Carenang 3 yang berlokasi di Desa Carenang, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, menjadi sekolah negeri yang menerima bantuan revitalisasi lewat program Corporate Social Responsibility (CSR).

Program CSR bagi dunia pendidikan ini diselenggarakan Pemkab Tangerang dengan menggandeng Bank BJB wilayah Banten untuk merevitalisasi sekolah-sekolah negeri yang tidak layak.

"Hari ini kita meresmikan dimulainya pemanfaatan gedung SDN Carenang 3 setelah dilakukan revitalisasi gedung melalui anggaran CSR yang dibantu oleh Bank Jabar Banten," kata Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid kepada FIN, Senin 24 Juli 2023.

Program revitalisasi sekolah lewat CSR ini juga merupakan langkah Pemkab Tangerang untuk mengefisiensi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Nantinya, alokasi anggaran pendidikan Kabupaten Tangerang juga bisa diperuntukkan ke sekolah-sekolah yang lain.

"Jadi APBD kita dialokasikan kepada sekolah-sekolah lain. Nah, sumbangan melalui CSR ini untuk bisa membangun beberapa SD yang ada di Tangerang bahkan nanti SMP," ujarnya.

Menurut dia, Bank Jabar Banten juga sudah menyatakan kesiapannya secara berkelanjutan menjalankan program revitalisasi sekolah lewat CSR tersebut.

Kedepannya, Pemkab Tangerang juga ingin mengajak pihak ketiga yang lain sebagai bentuk kepedulian masyarakat terhadap sarana infrastruktur sekolah.

"Dalam sistem zonasi ini harus lebih banyak lagi yang disiapkan oleh kita (Pemkab Tangerang) agar sarana prasarana sekolah lebih baik lagi,  lebih tertib lagi, lebih nyaman," ujarnya.

Dia menambahkan, revitalisasi sekolah negeri lewat CSR ini juga semata-mata untuk kepentingan kecerdasan masyarakat secara keseluruhan.

Yang mana, kata sekda, dengan dibangunnya sarana pendidikan Bupati Tangerang ingin masyarakat Kabupaten Tangerang bisa mengenyam pendidikan di sekolah.

"Pada prinsipnya jangan sampai ada warga masyarakat Kabupaten Tangerang yang tidak sekolah. Jadi diperbanyak sekolah, perbaiki sekolahnya, infrastrukturnya, supaya mereka nyaman mereka bisa belajar dengan baik," tutupnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Dadan Gandana mengungkapkan, alasan dipilihnya SDN Carenang 3 untuk menerima bantuan CSR, lantaran sudah ada beberapa ruangan yang tidak bisa lagi dipergunakan.

"Sehingga dikhawatirkan akan roboh. Selain itu juga ada bangunan baru yang terbengkalai," tuturnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: