Tahun 2022, Angka TBC di Kabupaten Tangerang Capai 8.941 Kasus

Tahun 2022, Angka TBC di Kabupaten Tangerang Capai 8.941 Kasus

Iluatrasi Skrining Tuberkulosis. --Rikhi Ferdian Untuk FIN

Kasus TBC di Kabupaten Tangerang -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang mencatat kasus Tuberculosis atau TBC yang diidap oleh warga di daerah itu cukup tinggi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Achmad Muchlis mengungkapkan, bahwa kasus TBC di Kabupaten Tangerang masih cukup tinggi.

Berdasarkan estimasi Dinkes, di Kabupaten Tangerang pada akhir tahun 2022 diperoleh jumlah kasus sebanyak 8.941 kasus.

"Masih tingginya temuan kasus TBC merupakan tantangan tersendiri yang harus dipecahkan bersama dan dicarikan solusi terbaik," kata dia dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektor Percepatan Eliminasi Tuberculosis di Kabupaten Tangerang, Kamis 20 Juli 2023.

Muchlis berharap pelaksanaan program eliminasi Tuberculosis di Kabupaten Tangerang dapat berjalan tepat sasaran dan efektif.

"Penemuan sebanyak mungkin menjadi tantangan mengingat para penderita TBC relatif tertutup terhadap masyarakat sekitar," jelasnya.

Rapat koordinasi tersebut diikuti oleh 44 Puskesmas Se-Kabupaten Tangerang, Persatuan Dokter Paru dan perwakilan OPD.

Sekda Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid menuturkan, dibutuhkan komitmen bersama seluruh stake hokder dalam melaksanakan upaya percepatan eliminasi Tuberculosis tersebut.

Menurutnya, menciptakan kesadaran masyarakat tentang perilaku hidup sehat merupakan tantangan besar bagi semua.

"Dengan dilaksanakannya kegiatan rapat koordinasi lintas sektor tersebut akan lahir satu strategi dan kolaborasi terhadap layanan kesehatan yang nantinya dapat di impelementasikan sebagai upaya penekanan kasus TBC di wilayah Kabupaten Tangerang," tandasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: