Tips dan Trik Jualan Online di WhatsApp, Tanpa Jarak dengan Pelanggan!

Tips dan Trik Jualan Online di WhatsApp, Tanpa Jarak dengan Pelanggan!

Ilustrasi Whatsapp Business--

• Izinkan akses ke kontak dan foto: Kontak dari buku alamat telepon kamu dapat ditambahkan ke aplikasi WhatsApp Business. Kamu juga dapat mengizinkan akses ke foto, video, dan file yang ada pada ponselmu.

• Buat akun: Masukkan nama bisnis, pilih kategori bisnis, lalu pilih foto profil.

• Buat profil bisnis: Ketuk JELAJAHI > Profil bisnis. Kamu juga bisa menambahkan informasi bisnis penting seperti alamat, deskripsi, jam kerja, dan lainnya.

• Mulai chat. Cari atau pilih kontak yang ingin kamu kirimi pesan.

4. Fitur-Fitur dalam Aplikasi WhatsApp Business

Ada empat fitur pada WhatsApp Business yang perlu kamu pelajari kegunaannya untuk meningkatkan kemampuan berjualanmu, sebagai berikut:

• Katalog: Tampilkan dan bagikan informasi produk serta layanan melalui akun bisnis kamu.

• Tautan pendek: Mempermudah pelanggan baru untuk terhubung dengan kamu. Bagikan tautan pendek yang dibuat secara otomatis untuk memungkinkan mereka mengirim pesan ke bisnis kamu.

• Fitur perpesanan: Gunakan template perpesanan WhatsApp untuk membuat percakapan penting dari awal. Buat salam yang dikirim secara otomatis untuk berinteraksi dengan pelanggan baru. Setel pesan di luar jam kerja agar pelanggan kamu mengetahui kapan bisnis kamu akan buka kembali atau buat balas cepat untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan.

• Label: Urutkan percakapan dengan pelanggan menjadi beberapa kategori, seperti “Pelanggan baru” atau “Pesanan dalam proses ".

Setelah membaca artikel di atas maka kita ketahui bahwa diperlukan strategi khusus untuk bisa menjangkau pelanggan lebih luas. Seperti teknik Problem, Solusi, Problem, Offer (PSPO).

"Jadi pertama buatlah sebuah story telling yang fokus pada sebuah problem. Kemudian, pastikan kita punya solusi dan sampaikan dalam satu broadcast," kata Iswan di kutip dari channel YouTube Dewa Eka Prayoga.

Selanjutnya, lanjutkan dengan problem kedua yang masih terkait dengan solusi tersebut. Lantas berikan penawaran produk (offer).

"Jadi semisal problem pertama adalah para muslimah butuh produk hijab yang berbahan adem, dan berikan solusinya. Lantas hadirkan problem kedua bahwasannya, hijab berbahan adem itu biasanya mahal dan sulit didapatkan. Maka setelah itu tawarkan produk hijab kita yang bisa menjawab problem-problem mereka," ujarnya.

Iswan mengingatkan agar para pebisnis online tidak sampai membuat broadcast lebih dari satu kali dalam sehari. Hal itu dimaksudkan agar tidak menyebabkan broadcast dianggap spam.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Bianca C.

Tentang Penulis

Sumber: