10 Cara Menghilangkan Batuk yang Sangat Efektif

10 Cara Menghilangkan Batuk yang Sangat Efektif

Cara Mengatasi Segala Jenis Batuk, Image oleh mohamed Hassan dari Pixabay--

Untuk melakukan cara menghilangkan batuk berdahak ini, Anda bisa mencampurkan ½ sendok teh garam beryodium ke dalam segelas air hangat. 

Lalu, berkumurlah menggunakan larutan garam tersebut selama beberapa menit tanpa menelannya. Lakukan cara ini secara rutin sebanyak 3–4 kali dalam sehari hingga batuk berdahak mereda.

3. Konsumsi Madu

Madu telah dikenal sebagai bahan alami yang mampu membantu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, tidak terkecuali pada batuk berdahak. 

Hal ini dikarenakan madu mengandung bahan bersifat antibakteri dan antiradang sehingga mampu meredakan rasa gatal di tenggorokan akibat gumpalan dahak.

4. Konsumsi Buah Nanas

Mengonsumsi buah nanas menjadi cara menghilangkan batuk berdahak yang mudah dan efektif berikutnya. 

Buah nanas mengandung enzim bromelain yang bersifat mukolitik sehingga dapat membantu memecah dan mengencerkan lendir yang menumpuk di tenggorokan.

BACA JUGA:

Selain itu, enzim bromelain dalam buah nanas ini juga memiliki sifat antiinflamasi sehingga mampu mencegah dan mengobati radang tenggorokan karena batuk berdahak dalam jangka waktu lama.

5. Konsumsi Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme yang dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan. 

Meskipun tidak meredakan batuk secara langsung, namun probiotik dapat membantu menyeimbangkan flora gastrointestinal atau bakteri alami yang hidup dalam usus manusia.

Nah, cara paling alami untuk mendapatkan probiotik adalah melalui makanan fermentasi, misalnya: Yogurt, Kefir, Tempe, Kimchi. 

6. Minum Air Jahe

Jahe telah lama dikenal sebagai salah satu obat tradisional yang terkenal dan sering digunakan untuk meredakan berbagai penyakit, termasuk batuk. 

BACA JUGA:

Konsumsi air jahe diyakini dapat membantu mengendurkan otot-otot saluran napas. Manfaat ini dapat memberikan bantuan bagi gejala asma dan batuk.

7. Tidur yang Cukup

Sebagai upaya mempercepat proses penyembuhan batuk berdahak, Anda dianjurkan untuk mencukupi waktu tidur, yaitu minimal 8–9 jam setiap malam. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: