10 Cara Menghilangkan Batuk yang Sangat Efektif

10 Cara Menghilangkan Batuk yang Sangat Efektif

Cara Mengatasi Segala Jenis Batuk, Image oleh mohamed Hassan dari Pixabay--

Pasalnya, mencukupi waktu istirahat turut membantu mengoptimalkan sistem imun tubuh dalam melawan infeksi virus dan bakteri penyebab batuk berdahak.

Untuk mencegah menumpuknya dahak di tenggorokan, Anda dapat tidur dengan posisi kepala lebih tinggi menggunakan bantal tambahan. Namun, hindari menumpuk bantal secara berlebihan karena hal tersebut justru dapat menyebabkan nyeri leher.

8. Mandi Air Hangat

 Mandi menggunakan air hangat bisa dilakukan untuk meredakan batuk berdahak karena uap air hangatnya dapat membantu mengencerkan dahak serta melegakan tenggorokan. 

BACA JUGA:

Selain membantu mengencerkan dahak, mandi menggunakan air hangat juga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks serta meredakan rasa nyeri akibat batuk berkepanjangan.

9. Menggunakan Humidifier

Selain mandi dengan air hangat, Anda juga dapat menggunakan humidifier untuk menjaga kelembapan udara sebagai cara menghilangkan batuk berdahak. Pasalnya, pelembap udara ini turut membantu mengurangi produksi lendir di dalam tenggorokan yang bisa memperburuk batuk berdahak.

10. Mengonsumsi Obat-Obatan

Bila telah melakukan cara alami di atas namun batuk berdahak tidak kunjung mereda, Anda dapat mengonsumsi obat khusus untuk batuk berdahak sesuai dengan anjuran dokter. Adapun dua jenis obat yang umum digunakan untuk meredakan batuk berdahak adalah sebagai berikut:

Mukolitik, seperti ambroxol dan bromhexine. Obat ini bekerja dengan mengencerkan dahak agar mudah dikeluarkan. Namun, perlu diperhatikan penggunaannya pada pasien anak.

BACA JUGA:

Ekspektoran, seperti guaifenesin dan potassium iodide. Ekspektoran berfungsi untuk mengencerkan dahak yang menyumbat saluran pernapasan.

Namun, jika batuk tak berhenti dalam kurun waktu yang cukup lama, segera berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi tubuh. 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: