KPK: Mentan Syahrul Yasin Limpo Bakal Diperiksa Kembali

KPK: Mentan Syahrul Yasin Limpo Bakal Diperiksa Kembali

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.--

Mentan Syahrul Yasin Limpo Bakal Diperiksa KPK Lagi- Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan kembali memeriksa Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo jika diperlukan.

Pemeriksaan terhadap Mentan Syahrul Yasin Limpo oleh KPK terkait kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan dalam kasus dugaan korupsi di Kementan, penyidik telah memeriksa 49 pejabat dan aparatur sipil negara (ASN) Kementan. Salah satunya adalah Mentan Syahrul Yasin Limpo.

"Untuk kebutuhan penyelidikan sudah mengundang, ya, untuk permintaan keterangan itu 49 (orang), baik itu pejabat, ASN di lingkungan Kementan, termasuk pak menteri (Syahrul Yasin Limpo)," katanya, Rabu, 5 Juli 2023.

BACA JUGA:

Ditambahkannya, hasil pemeriksaan tersebut sedang dianalisis. Selain itu pihaknya juga tengah mengumpulkan berbagai alat bukti lainnya.

"Jika berdasarkan analisis ditemukan tindak pidana dan ditemukan orang yang bisa dipertanggungjawabkan secara hukum, maka kasus tersebut akan ditindaklanjuti dengan meningkatkan proses penyelidikan ke tahap penyidikan," katanya.

Dia juga menegaskan, penyidik KPK tak menutup kemungkinan akan kembali memeriksa 49 orang termasuk Mentan syahrul Yasin Limpo jika diperlukan.

"Kalau memang dibutuhkan kembali, ya, siapa pun dari 49 itu pasti akan kami undang kembali dalam konteks penyelidikan," jelasnya.

BACA JUGA:

Meski demikian, Ali mengatakan tidak banyak  informasi yang bisa disampaikan kepada publik mengenai kinerja KPK di Kementan karena prosesnya masih dalam tahap penyelidikan.

"Ketika penyidikan, kami akan sampaikan ke masyarakat setiap perkembangan sebagai bentuk keterbukaan kerja KPK di bidang penindakan, karena dalam proses penyelidikan tentu belum bisa kami sampaikan materinya apa, siapa, apa yang kemudian dikonfirmasi dan lain-lain," kata Ali.

Terkait hal itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Senin (19/6), telah memenuhi undangan KPK untuk memberi keterangan terkait kasus penyelidikan dugaan korupsi di kementerian tersebut.

"Saya memenuhi panggilan dari KPK, yang selama ini dua kali sebelumnya dipanggil, saya dalam kegiatan yang terkait kegiatan negara," kata Syahrul Yasin Limpo kepada wartawan di Gedung ACLC KPK, Jakarta, Senin (19/6).

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: