Keamanan Kendaraan Pintar Rentan, Begini 4 Solusi Menyeluruh Untuk Minimalisir Serangan Siber Automotif

Keamanan Kendaraan Pintar Rentan, Begini 4 Solusi Menyeluruh Untuk Minimalisir Serangan Siber Automotif

Ilustrasi siber automorif.-itsecurityguru.org-

Selain itu, produsen kendaraan juga memiliki peran untuk memproduksi kendaraan yang lebih aman bagi pelanggan Sejumlah hal yang dapat dilakukan adalah dengan menambahkan perlindungan berlapis; - termasuk penggunaan aplikasi, sistem perangkat elektronik mobil, dan konektivitas cloud yang aman - sebagai penghubung antara aplikasi dan mobil.

BACA JUGA:

Ada beberapa praktik terbaik yang dapat diterapkan oleh para produsen untuk meminimalisir terjadinya serangan dan ancaman melalui aplikasi mobil mereka.

4 Solusi Minimalisir Serangan Siber Automotif


Ilustrasi siber automorif.-dynamicciso.com-

1. Memetakan risiko keamanan siber dan tingkat keparahannya

Hal ini penting dilakukan untuk memastikan apakah suatu celah keamanan merupakan ancaman bagi aplikasi serta tingkat keparahan ancamannya. 

2. Mengetahui adanya potensi ancaman sejak dini dalam proses pengembangan aplikasi, sehingga ancaman keamanan pun dapat segera ditanggulangi

BACA JUGA:

Produsen mobil perlu menguji aplikasi dan sistem keamanan mobil mereka dengan mem-bypass keamanan dan mencari kelemahan sistem pengendalian. 

3. Pemantauan dan inspeksi berkelanjutan

Sangat penting untuk menerapkan rangkaian perangkat keamanan yang komprehensif dan terintegrasi yang memungkinkan berbagai perlindungan aplikasi dalam satu solusi.

Solusi yang terintegrasi menyediakan visibilitas yang lebih menyeluruh di seluruh ekosistem. 

4. Meningkatkan pemahaman terkait keamanan siber di dalam dan di luar lingkup organisasi

BACA JUGA:

Hal ini mencakup penyediaan materi edukasi dan pelatihan untuk para distributor dan pelanggan.

Produsen dan distributor perlu mengkomunikasikan langkah-langkah cyber hygiene yang penting bagi pemilik mobil secara konsisten.

Langkah-langkah ini termasuk menggunakan kata sandi yang unik dan rumit untuk kendaraan dan aplikasi pelacakan GPS serta secara teratur memperbarui perangkat lunak kendaraan yang umumnya dilengkapi patch terbaru, sehingga dapat melindungi kendaraan dari kemungkinan ancaman siber.

BACA JUGA:

"Perusahaan manufaktur kendaraan bermotor perlu memiliki visibilitas yang berkelanjutan terhadap seluruh aset OT dan IoT mereka serta potensi risikonya," ujar Alex.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tiyo Bayu Nugro

Tentang Penulis

Sumber: