Keamanan Kendaraan Pintar Rentan, Begini 4 Solusi Menyeluruh Untuk Minimalisir Serangan Siber Automotif

Keamanan Kendaraan Pintar Rentan, Begini 4 Solusi Menyeluruh Untuk Minimalisir Serangan Siber Automotif

Ilustrasi siber automorif.-itsecurityguru.org-

Siber Automotif - Begini empat (4) solusi menyeluruh untuk minimalisir serangan siber automotif terkait temuan keamanan kendaraan pintar yang rentan.

Seiring dengan meningkatnya ancaman keamanan siber, industri automotif menjadi salah satu target utama serangan siber.

Smart vehicles (kendaraan pintar) yang terhubung ke internet telah memperluas kemungkinan potensi serangan terhadap kendaraan itu sendiri, data yang dikumpulkannya, jaringan, serta sistem cloud yang mendukungnya.

Menurut Laporan Ransomware and Extortion Report 2023 yang dirilis oleh Unit 42 dari Palo Alto Networks, manufaktur dan teknologi canggih menempati posisi lima teratas sebagai industri yang paling rentan menjadi target serangan pemerasan di kawasan Asia Pasifik dan global.

BACA JUGA:

Field Chief Security Officer - Critical Industries, Japan and Asia Pacific Alex Nehmy turut buka suara terhadap keamanan siber automotif.

"Transformasi digital, penerapan teknologi generasi terbaru, dan konektivitas pada kendaraan roda empat telah membuka beragam celah kerentanan yang dapat dieksploitasi oleh para pelaku kejahatan," kata Alex.

Alex Nehmy juga mengimbau keamanan siber merupakan tanggung jawab bersama dalam memastikan keamanan kendaraan.

"Produsen, distributor, dan pelanggan memiliki peran masing-masing dalam keseluruhan proses siklus masa pakai kendaraan," ucap Alex.

BACA JUGA:

Pemilik kendaraan sebaiknya memberi perhatian ekstra pada kerentanan tertentu dari kendaraan pintar, seperti; sistem infotainment, unit kontrol elektronik (ECU), aplikasi dan port mobil, aplikasi pembuka pintu mobil tanpa kunci (keyless entry), serta risiko kemampuan mengakses kendaraan menggunakan kredensial pemilik sebelumnya.

Fitur-fitur ini berpotensi meningkatkan risiko keamanan siber bagi kendaraan pintar.

Pelaku serangan berpotensi membobol fitur dasbor mobil termasuk sistem kemudi dan rem, yang dapat menyebabkan gangguan pada pengoperasian mesin secara keseluruhan.


Ilustrasi logo Palo Alto Networks.-Palo Alto Networks-

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tiyo Bayu Nugro

Tentang Penulis

Sumber: