Catat ! Berikut 7 Kampus Swasta Besar di Indonesia yang Menawarkan Beasiswa KIP Kuliah 2023

Catat ! Berikut 7 Kampus Swasta Besar di Indonesia yang Menawarkan Beasiswa  KIP Kuliah 2023

Ilustrasi Kartu Indonesia Pintar--

Beasiswa KIP Kuliah - Ketidakmampuan secara ekonomi kerap menjadi alasan para lulusan SMA/SMK sederajat  tidak melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah.

Hadirnya beasiswa bisa menjadi solusi atas permasalahan tersebut sehingga semakin banyak anak muda yang berpendidikan tinggi.

Melansir dari laman KIP Kuliah Kemdikbudristek, KIP Kuliah berlaku untuk jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), seleksi mandiri di kampus negeri maupun di kampus swasta.

Pendaftaran KIP Kuliah tidak dipungut biaya. Penerima beasiswa akan mendapatkan bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi.

Selain itu, penerima juga mendapat subsidi biaya hidup sebesar Rp700.000 per bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing masing wilayah.

BACA JUGA:Lapor ke Jokowi Ribuan Mahasiswa Papua Terlantar, Adian: Jangan Berdebat, Tugas Mereka Belajar

Untuk tahun 2023 ini,pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah untuk jalur mandiri di perguruan tinggi swasta (PTS) dibuka mulai tanggal  23 Juni 2023 hingga tanggal 31 Oktober 2023. Pendaftaran dapat dapat dilakukan secara daring di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini daftar kampus swasta besar di Indonesia yang menawarkan beasiswa KIP Kuliah:

1. Universitas Trisakti

Universitas yang ada di Jakarta ini bekerja sama dengan pemerintah dalam menyalurkan beasiswa KIP Kuliah.

Calon mahasiswa pemegang KIP Kuliah bisa mengenyam pendidikan di kampus ini dengan beasiswa dari Kemendikbudristek tersebut. Pendaftaran sebagai penerima KIP Kuliah di Trisakti bisa dengan mengisi formulir di www.tsm.ac.id/pmb dan formulir KIP Kuliah www.kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

BACA JUGA:Blusukan ke M Bloc Space, Ganjar Sapa Milenial Jakarta Selatan

2. Universitas Islam Indonesia (UII)

Lulusan SMA/SMK dan sederajat bisa mendaftar ke Universitas Islam Indonesia (UII) melalui KIP Kuliah jalur Penelusuran Siswa Berprestasi atau PSB.

Selain KIP Kuliah, ada pula Beasiswa Hafiz, Beasiswa Santri, Beasiswa Duafa, dan Beasiswa Atlet & Seni yang ditawarkan universitas ini.

3. Telkom University

Tidak kalah dengan universitas swasta lainnya, Telkom University juga membuka jalur beasiswa KIP Kuliah untuk lulusan SMA/SMK/MA.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Bianca C.

Tentang Penulis

Sumber: