Syarat dan Tata Cara Mendaftar KIP Kuliah 2023 Seleksi Jalur Mandiri PTN dan PTS ,Yuk Disimak !

Syarat dan Tata Cara Mendaftar KIP Kuliah 2023 Seleksi Jalur Mandiri PTN dan PTS ,Yuk Disimak !

Ilustrasi Kartu Indonesia Pintar--

Syarat dan Tata Cara Pendaftaran KIP Kuliah - KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan dan bantuan biaya hidup bagi mahasiswa berpotensi akademik tetapi terbatas secara finansial di PTN maupun PTS.

Bantuan biaya hidup diberikan langsung kepada mahasiswa untuk berbagai kebutuhan kuliah. Bantuan ini pun tidak boleh dimanfaatkan perguruan tinggi untuk biaya tambahan apapun.

Pendaftaran KIP-Kuliah untuk Seleksi Mandiri PTN dan PTS memiliki jadwal berbeda. KIP-Kuliah untuk Seleksi Mandiri PTN dihelat 16 Juni - 7 Oktober 2023. Sementara bagi Seleksi Mandiri PTS, diadakan mulai 23 Juni - 31  Oktober 2023 atau di mulai hari ini untuk PTS.

Ada pun seleksinya dilakukan terpusat melalui portal KIP-Kuliah. Link pendaftaran KIP-Kuliah jalur Seleksi Mandiri berada di tautan https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

BACA JUGA:

Seiring dengan selesainya tahapan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), seleksi SNPMB 2023 selanjutnya adalah Seleksi Mandiri. Seleksi Mandiri diadakan oleh masing-masing perguruan tinggi, baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) pun telah dibuka untuk mengakomodasi para peserta yang mengikuti Seleksi Mandiri.

KIP-Kuliah adalah program pemerintah dalam bidang endidikan yang memberikan jaminan biaya pendidikan kepada pesertanya. Biaya pendidikan dibayarkan langsung ke perguruan tinggi berdasarkan Akreditasi PrograM Studi (Prodi). Pihak perguruan tinggi tidak membebankan biaya tambahan apa pun kepada mahasiswa.

Selain gratis biaya kuliah, mahasiswa peserta KIP-Kuliah juga memperoleh bantuan biaya hidup yang ditransfer langsung ke rekening miliknya. Bantuan ini sepenuhnya menjadi hak mahasiswa untuk memenuhi berbagai kebutuhan perkuliahan. Pada 2023 besarnya terbagi ke dalam lima klaster yaitu Rp800.000, Rp950.000, Rp1.100.000, Rp1.250.000, dan Rp1.400.000 per bulan.

BACA JUGA:

Cara dan Prosedur Pendaftaran KIP Kuliah 2023 Jalur Seleksi Mandiri

Pendaftaran KIP-Kuliah 2023 jalur Seleksi Mandiri dilakukan melalui portal https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Prosedur pendaftarannya sebagai berikut:

1. Siswa melakukan Pendaftaran Akun secara mandiri di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Pada saat mendaftar, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN, dan alamat email yang aktif;

2. Sistem KIP Kuliah Merdeka akan melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah Merdeka;

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Bianca C.

Tentang Penulis

Sumber: