Ganjar Tertinggal, Prabowo dan Anies Lebih Dikenal di Masyarakat Lapisan Bawah

Ganjar Tertinggal, Prabowo dan Anies Lebih Dikenal di Masyarakat Lapisan Bawah

Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. (ist)--

BACA JUGA:Menag: Pelunasan Biaya Haji 2023 Sudah 100 Persen Lebih

Ada empat bakal capres yang atributnya diamati, yaitu Anies, Airlangga Hartarto, Ganjar, dan Prabowo.

Pewawancara juga diminta mengamati apakah di rumah responden terdapat atribut sosialisasi bakal calon presiden.

Atribut luar ruang yang paling banyak ditemukan adalah atribut sosialisasi Prabowo 63 persen. Atribut terbanyak kedua Anies 62 persen, selanjutnya Ganjar 58 persen, dan Airlangga 22 persen.

Saiful menyatakan bahwa keterkenalan dan dukungan pada calon bukan berdasar pada ingatan atau memori lama, tapi karena memang sudah dilakukan sosialisasi.

“Prabowo bukan dikenal hanya karena dia pernah kampanye dalam tiga kali pemilu, tapi (sekarang) sudah ada kampanye yang dilakukan,” ucap dia.

BACA JUGA:Tilang Manual Diberlakukan Sebagai Langkah Terakhir Jika Sudah Sangat Membahayakan

Pada masyarakat lapisan bawah, lanjut Saiful, medium sosialisasinya adalah atribut luar ruang karena mereka tidak banyak mengakses media. Mereka tahu bahwa tokoh-tokoh itu akan maju sebagai calon presiden melalui atribut luar ruang yang telah terpasang.

Saiful juga menyinggung tentang elektabilitas Airlangga yang belum kompetitif sejauh ini. Dia melihat ini ada hubungannya dengan kerja sosialisasi timnya yang belum terlihat di masyarakat. Itu terbukti dari atribut luar ruang Airlangga yang relatif sedikit dibanding Prabowo, Anies, dan Ganjar.

Saiful mengatakan masifnya sosialisasi Prabowo dan Anies menjelaskan mengapa terjadi pertarungan suara antara Prabowo dan Anies pada masyarakat lapisan bawah. 

Mereka sejauh ini paling menonjol melakukan sosialisasi pada masyarakat lapisan bawah yang memang paling mungkin dijangkau melalui atribut sosialisasi.

“Keunggulan Prabowo di perdesaan adalah keunggulan atribut,” tambah Saiful.

Selanjutnya, dalam pengamatan langsung pewawancara di rumah responden, ada 5 persen atribut Anies di dalam rumah warga, Prabowo 4 persen, Airlangga 3 persen, dan Ganjar 2 persen.

Saiful menegaskan bahwa angka 5 dan 4 persen dari rumah warga secara nasional sudah terpasang atribut Anies dan Prabowo adalah jumlah yang banyak. Sementara Ganjar masih sangat sedikit.

Pertarungan pada masyarakat level bawah, sambung dia, memang kebanyakan dilakukan melalui pemasangan atribut luar maupun dalam ruang. Sementara akan susah memasang atribut pada rumah-rumah kelompok masyarakat atas.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: