Ganjar Tertinggal, Prabowo dan Anies Lebih Dikenal di Masyarakat Lapisan Bawah

Ganjar Tertinggal, Prabowo dan Anies Lebih Dikenal di Masyarakat Lapisan Bawah

Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. (ist)--

Ganjar Tertinggal - Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menemukan bahwa atribut sosialisasi Prabowo Subianto dan Anies Baswedan paling banyak terpasang di masyarakat kelas bawah. 

"Kami lihat pertarungan yang sengit itu di lapisan bawah, seperti pedesaan, orang kurang berpendidikan, tidak punya akses ke media sosial dan sebagainya itu terutama terjadi antara Pak Prabowo dan Anies Baswedan," ujar pendiri SMRC Saiful Mujani, Kamis 18 Mei 2023.

Ia mengungkapkan di antara para bakal calon presiden (capres), Prabowo sudah menjangkau sampai ke pedalaman. 

Demikian pula dengan Anies yang sudah relatif dikenal oleh masyarakat secara luas, bukan hanya di Pulau Jawa dan perkotaan, tapi juga di luar Pulau Jawa dan perdesaan.

BACA JUGA:Gerindra Pecat Herman Sofyan dan PAW Sebagai Anggota DPRD Bukittinggi

Hal ini berbanding terbalik pada Ganjar Pranowo, tokoh ini masih kurang dikenal di daerah-daerah luar Jawa, terutama di wilayah Indonesia Timur pada masyarakat lapisan bawah. Ganjar dikenal pada kalangan menengah atas, namun kurang dikenal di kalangan lapisan bawah.

Untuk itu, pertarungan yang terjadi di masyarakat lapisan bawah terjadi secara sengit antara Prabowo dan Anies. 

Sementara Ganjar masih kurang terlibat dalam pertarungan di lapisan masyarakat bawah karena belum begitu tahu.

Saiful menjelaskan bahwa masyarakat lapisan bawah adalah masyarakat yang relatif kurang berpendidikan, sosial ekonomi lebih rendah, pendapatan rendah, blue colar atau kerah biru dari jenis pekerjaan, buruh tani, buruh bangunan, dan sebagainya. Banyak di antara mereka tinggal di perdesaan.

BACA JUGA:NasDem Beri Bantuan Hukum Johnny G Plate, Surya Paloh: Jangan Kasih Tempat Siapa Pun Untuk Adu Domba

"Di Indonesia, mereka banyak tinggal di luar pulau Jawa," katanya.

Lalu, ia menuturkan masyarakat pada lapisan bawah mengenal tokoh-tokoh tersebut melalui atribut luar ruang, seperti spanduk, baliho, billboard, poster, bendera, dan sebagainya. 

Ia menilai hal tersebut lumrah terjadi di setiap pemilu di mana atribut luar ruang peserta pemilu ada di pelbagai tempat.

Dalam survei SMRC pada April 2023, para pewawancara diminta mengamati keberadaan atribut sosialisasi secara langsung dalam perjalanan menuju lokasi survei. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: