Cara Mengatasi Mata Belekan yang Ampuh dan Aman

Cara Mengatasi Mata Belekan yang Ampuh dan Aman

Cara Mengatasi Mata Belekan, Image oleh maryannandco photography dari Pixabay --

Kompres hangat atau dingin bisa membantu melunakkan dan membersihkan kotoran mata yang menumpuk. Kompres hangat juga bisa meredakan peradangan dan nyeri pada mata. Caranya, rendam handuk bersih ke dalam air hangat atau dingin, peras, lalu letakkan di atas mata yang belekan selama beberapa menit. Ulangi sampai kotoran hilang.

Cara Mengatasi Mata Belekan #2: Bersihkan dengan air mawar

Air mawar memiliki sifat antiinfeksi dan antiradang yang bisa mengatasi infeksi atau alergi pada mata. Caranya, teteskan air mawar ke dalam bola kapas bersih, lalu usapkan ke area mata yang belekan dengan lembut. Lakukan dua kali sehari sampai belek berkurang.

Cara Mengatasi Mata Belekan #3: Teteskan air mata buatan

Air mata buatan bisa membantu melembapkan mata yang kering dan mengurangi produksi lendir berlebih. Caranya, teteskan air mata buatan sesuai petunjuk pada kemasan atau anjuran dokter. Pilihlah air mata buatan yang tidak mengandung pengawet untuk menghindari iritasi.

Cara Mengatasi Mata Belekan #4: Gunakan obat tetes mata antihistamin

Obat tetes mata antihistamin bisa mengatasi alergi pada mata yang menyebabkan belek, gatal, merah, dan bengkak. Caranya, teteskan obat tetes mata antihistamin sesuai petunjuk pada kemasan atau anjuran dokter. Hindari kontak langsung antara ujung botol dengan mata untuk mencegah kontaminasi.

Cara Mengatasi Mata Belekan #5 Gunakan antibiotik

Antibiotik bisa mengatasi infeksi bakteri pada mata yang menyebabkan belek berwarna kuning atau hijau. Antibiotik bisa berupa obat tetes mata, salep mata, atau pil yang diresepkan oleh dokter sesuai dengan jenis dan tingkat keparahan infeksinya.

Itulah beberapa cara mengatasi mata belekan yang ampuh dan aman.

Selain itu, kita juga harus menjaga kebersihan mata dengan mencuci muka secara rutin, tidak menyentuh atau mengucek mata dengan tangan kotor, tidak memakai lensa kontak terlalu lama, dan tidak membagi alat rias atau

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: