NasDem Garut Sawer Uang Setelah Daftar Caleg, Alasannya Tradisi dan Kesenian Raja Dogar

NasDem Garut Sawer Uang Setelah Daftar Caleg, Alasannya Tradisi dan Kesenian Raja Dogar

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kabupaten Garut Diah Kurniasari membagi-bagikan uang sambil naik dodombaan usai mendaftarkan bakal calon legislatif di Kantor KPU Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (11/5/2023). -(ANTARA/Feri Purnama)-

NasDem Garut Sawer Uang Setelah Daftar Caleg, Sebut Tradisi Saweran saat Kesenian Raja Dogar 

Viral aksi sawer uang oleh kader NasDem sekaligus bakal calon legislatif (bacaleg) dan Ketua Nasdem Garut Diah Kurniasari usai pengajuan bakal caleg di Kantor KPU Garut.

Menanggapi aksi sawer uang oleh kader NasDem, Bawaslu Kabupaten Garut mengaku masih mendalami hal tersebut. 

Bawaslu juga akan melakukan pemanggilan untuk klarifikasi terkait aksi sawer uang oleh kader NasDem sekaligus bakal calon legislatif (bacaleg) dan Ketua Nasdem Garut.

"Kita akan melakukan kajian awal dan juga mengundang untuk klarifikasi," kata Komisioner Bawaslu Kabupaten Garut Asep Burhanuddin kepada wartawan di Garut, Sabtu 13 Mei 2023.

BACA JUGA:Punya Golden Ticket, Cak Imin Paling Berpeluang Dampingi Prabowo di Pemilu 2024

Ia menuturkan peristiwa membagi-bagikan uang atau sawer uang di lingkungan Kantor KPU Garut telah menjadi perhatian Bawaslu Garut untuk menindaklanjutinya.

Langkah awal yang dilakukan adalah dengan mengumpulkan keterangan dan bukti-bukti di lapangan terkait aksi sawer tersebut.

Kemudian, melakukan klarifikasi kepada pimpinan partai, dan juga orang yang terlibat dalam aksi sawer uang kader NasDem itu.

"Diundang klarifikasi seperti apa, nanti hasil dari klarifikasi pimpinan partai dan orang yang ada di peristiwa itu, kemungkinan pimpinan partai dulu kemudian yang lainnya," kata Asep.

BACA JUGA:KPU DKI Tolak Pendaftaran Bakal Caleg Partai Perindo, Ini Alasannya

Ia mengungkapkan sementara Bawaslu Garut belum bisa mengungkapkan bentuk pelanggaran maupun aturan yang mengatur tentang bagi-bagi uang atau sawer uang dalam kegiatan pendaftaran bacaleg di Kantor KPU Garut.

"Hasil rapat pleno setelah undangan klarifikasi seperti apa baru diungkapkan ke media," katanya.

Sekretaris DPD Partai Nasdem Kabupaten Garut Kokon Darmawan menyatakan, pihaknya siap memenuhi panggilan Bawaslu Garut untuk mengklarifikasi masalah kebaikan bagi-bagi atau sawer uang di halaman Kantor KPU Garut.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: