Jadi Tersangka TPPU, Rafael Alun Bakal Dimiskinkan

Jadi Tersangka TPPU, Rafael Alun Bakal Dimiskinkan

Mantan pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo penuhi panggilan KPK untuk menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dugaan penerimaan gratifikasi, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (3/4/2023). -Fianda Sjofjan Rassat-ANTARA

Jadi Tersangka TPPU, Rafael Alun Bakal Dimiskinkan -  Rafael Alun Trisambodo telah ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana pencucian uang (TPPU). 

Sebelumnya, mantan pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo juga telah ditetapkan sebagai tersangka gratifikasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan sesuai aturan Rafael Alun dapat dimiskinkan.

"Penerapan TPPU sejalan dengan komitmen KPK untuk memaksimalkan penyitaan dan perampasan sebagai asset recovery hasil korupsi," katanya.

BACA JUGA:

Untuk sementara, Plt Deputi Penindakan KPK Asep Guntur mengatakan nilai TPPU yang diduga dilakukan Rafael Alun mencapai puluhan miliar rupiah.

"Sementara ini masih di puluhan miliar," katanya, Kamis, 11 Mei 2023.

Namun, Asep menyebut nilainya akan terus bertambah. Mengingat pihaknya masih terus mendalami seiring dengan pemeriksaan-pemeriksaan yang dilakukan KPK. 

Hari ini, Direktur Mayapada Hospital Grace Dewi Riady alias Grace Tahir (GT) dan tiga orang lainnya diperiksa terkait TPPU yang diduga dilakukan Rafael.

BACA JUGA:

"Nanti akan terus bertambah karena kita harus ngecek yang kita temukan, misal dari mbak GT, mbak GT tuh kita cek apakah itu hasil dari tindak pidana korupsi atau bukan, kalau bukan ya nggak kita ini juga, tapi kalau itu hasil tindak pidana korupsi ya tentunya harus kita sita terkait dengan TPPU," katanya.

Selain itu, Kata Asep, pihaknya juga tengah mengusut kepemilikan perusahaan cangkang dan uang Bitcoin diduga milik Rafael.

"Nanti itu hanya sebagai perusahaan cangkang saja. Ada juga yang dibeliin tadi crypto currency atau Bitcoin dan lain-lainnya itu juga sedang kita telusuri," katanya.

Asep mengatakan penyidik akan menelusuri aset milik Rafael, baik itu yang terdaftar secara sah maupun yang disamarkan dengan nama orang lain. 

KPK Temukan Bukti TPPU Rafael Alun

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: