Survei SMRC: Pemilih Kritis Ingin Capres Teruskan Porgram Jokowi

Survei SMRC: Pemilih Kritis Ingin Capres Teruskan Porgram Jokowi

Presiden Jokowi akan pulang kampung dan berlebaran bersama keluarga di Solo- Mentari Dwi Gayati-ANTARA

"Kami melakukan cross tabulasi tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintah, dalam hal ini Presiden Jokowi, dengan preferensi terhadap calon presiden; ternyata ada asosiasi yang signifikan," katanya.

BACA JUGA:Pangdam Cenderawasih: Bukan 5 Tapi 9 Senjata Api Organik TNI AD Hilang Saat Diserang KKB Papua di Mugi

Selanjutnya, dari survei kedua pada 2-5 Mei 2023, terdapat 78,8 persen responden pemilih kritis yang merasa puas dengan kinerja Jokowi; sedangkan 18,1 persen responden lain merasa tidak puas dan 3,1 persen sisanya tidak tahu atau tidak menjawab.

"Sehingga, ini menghasilkan nilai elektoral bagi calon yang mengusung tema keberlanjutan dibanding calon yang mengusung tema perubahan," ujar Deni.

Pemilihan sampel dalam survei SMRC dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Dengan teknik RDD, sampel sebanyak 925 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

BACA JUGA:Sadis, Usai Dimutilasi Jenazah Irwan Hutagalung Dicor di Depo Air Isi Ulang Semarang

Margin of error survei diperkirakan sekitar 3,3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi simple random sampling. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: