Berikut Niat dan Cara Zakat Fitrah untuk Ayah dan Ibu

Berikut Niat dan Cara Zakat Fitrah untuk Ayah dan Ibu

Zakat -Istockphoto.com-

Niat  Zakat Fitrah untuk Ayah dan Ibu- Zakat fitrah atau zakat yang wajib dikeluarkan pada bulan Ramadan merupakan salah satu kewajiban bagi umat Muslim yang mampu.

Niat dalam membayar zakat fitrah sangat penting, karena niat yang benar merupakan salah satu syarat sahnya zakat.

Bagi seseorang yang membayar zakat fitrah untuk orang tua, baik ayah atau ibu, sebaiknya memperhatikan beberapa hal dalam menentukan niat. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan niat zakat fitrah untuk ayah dan ibu:

Menentukan jumlah zakat fitrah yang akan dikeluarkan untuk ayah dan ibu, yaitu sebesar 2,5 kg bahan pangan pokok yang lazim dikonsumsi di daerah setempat atau setara dengan nilai uang dari bahan pangan tersebut.

BACA JUGA:

Menetapkan niat dengan tulus dan ikhlas, yaitu memberikan zakat fitrah sebagai bentuk ibadah dan taqarrub (pendekatan diri) kepada Allah SWT, serta sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Dikutip dari buku Fikih Mudah Zakat Fitrah karya Ustad Abu Abdil A’la Hari Ahadi berikut lafaz niat zakat fitrah untuk Ayah dan Ibu:

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ وَالِدِيْ ...... فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu ‘an ukhrija zakaatal fitri ‘an ......(sebut nama ayah/ibu) fardlan lillaahi ta’aalaa

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk ayahku (sebut nama ayah/ibu) fardlu karena Allah Ta’ala.

BACA JUGA:

Namun perlu diketahui bahwa ada sebagian ulama mengatakan bahwa niat cukup di dalam hati. Niat tidak perlu dilafazkan. Sebab niat adalah kehendak dan tindakan. Misalnya, Anda membeli beras untuk zakat, itulah disebut niat. 

Dalam hal membayar zakat fitrah untuk ayah dan ibu, perlu diingat bahwa zakat fitrah tidak dapat diwakilkan kepada orang lain untuk membayarkannya. Oleh karena itu, setiap individu harus membayar zakat fitrah sendiri untuk dirinya dan juga untuk orang tuanya jika diperlukan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: