Wajib Tahu! Pemudik Bermotor Arah Pulau Sumatera Dilayani Melalui Pelabuhan Ciwandan, Bukan Merak

Wajib Tahu! Pemudik Bermotor Arah Pulau Sumatera Dilayani Melalui Pelabuhan Ciwandan, Bukan Merak

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mewajibkan seluruh pemudik pengguna jasa penyeberangan Ferry dengan membeli tiket online guna menghindari antrian pada periode libur Lebaran tahun ini, khususnya di lintasan Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk. --

Wajib Tahu! Pemudik Bermotor Arah Pulau Sumatera Dilayani Melalui Pelabuhan Ciwandan, Bukan Merak - Pemudik dengan kendaraan roda dua yang akan menyeberang ke pulau Sumatera pada arus mudik Lebaran 2023 tidak akan dilayani melalui Pelabuhan Merak. 

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin menjelaskan, pemudik bermotor roda dua yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera dilayani melalui pelabuhan Ciwandan di Banten. 

Adapun pelabuhan Merak, kata Shelvy, dikhususkan untuk kendaraan roda empat yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera. 

"Pada masa Angkutan Lebaran 2023, Pemerintah memusatkan pelayanan untuk seluruh kendaraan roda 2 dan truk golongan VI B akan dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan terhitung sejak tanggal 15-21 April 2023," ujar Shelvy dalam Media Gathering Angkutan Lebaran di Jakarta, Senin, 10 April 2023. 

BACA JUGA:ASDP:

  1. Tidak Ada Penjualan Tiket Penyeberangan di Pelabuhan, Pembelian Hanya Bisa Dilakukan Secara Online
  2. Kapolri Sigit Imbau Masyarakat Berangkat Mudik Siang Hari, Ini Alasannya

Pengendara roda 2 dapat menyeberang dengan menempuh rute Ciwandan-Bakauheni pada tanggal 15-21 April 2023 ditambah rute Ciwandan-Panjang untuk tanggal 19-21 April 2023.

Adapun untuk kendaraan truk golongan VB, pelayanan penyeberangan dari Pelabuhan Merak akan dilayani hanya pada tanggal 15-17 April 2023. Sehingga, untuk yang ingin menyeberang dari tanggal 18-21 April akan dialihkan menuju Pelabuhan Ciwandan.

Sementara itu, bagi truk golongan VII sampai dengan golongan IX akan dilayani melalui Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) sejak tanggal 15-21 April 2023.

"Kami ingatkan kembali bahwa pembelian tiket melalui aplikasi resmi Ferizy selambat-lambatnya H-1 sebelum tanggal keberangkatan, karena sudah tidak ada lagi penjualan tiket di area pelabuhan," tutur Shelvy.

BACA JUGA:

  1. Kapolri Tinjau Kesiapan Pelabuhan Merak, Ini Hasilnya
  2. Kapolri Sigit Perintahkan Jalur Mudik ke Pelabuhan Merak dan Ciwandan Dijaga Ketat Polisi

ASDP Target Layani 4,98 Juta Pemudik 

ASDP target melayani 4,98 juta pemudik di 8 lintasan penyeberangan terpantau nasional. 

Berdasarkan hasil survei Litbang Kemenhub, tahun lalu terdapat 85 juta orang warga Indonesia yang mudik, dimana sebanyak 14,3 juta adalah warga jabodetabek. 

Adapun tahun ini diperkirakan dari total 123,8 juta warga Indonesia yang akan mudik (naik 45.67 persen), sekitar 18,3 juta orang (naik 28 persen) diantaranya adalah warga Jabodetabek. 

Berdasarkan survei tersebut, tercatat pengguna angkutan umum yakni penyeberangan sebesar 5,39 persen atau sebanyak 6,67 juta.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: