Tol Cisumdawu Bisa Digunakan Arus Mudik Mulai Siang Hingga Sore, Ini Alasannya

Tol Cisumdawu Bisa Digunakan Arus Mudik Mulai Siang Hingga Sore, Ini Alasannya

Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu)--(dok. Brantas Abipraya)

Tol Cisumdawu Beroperasi Mulai Siang Hingga Sore - Untuk memperlancar arus mudik Lebaran 2023, Tol Cileunyi–Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi 4, 5, dan 6 dari Cimalaka sampai ke Dawuan sudah bisa digunakan.

Nanum, Tol Cisumdawu baru bisa digunakan secara fungsional mulai siang hingga sore pukul 15.00 WIB.

“Tanggal 15 April 2023 nanti tol Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6 ini sudah selesai dan secara fungsional bisa digunakan. Semoga ini dapat membantu memperlancar arus mudik, khususnya di Jawa Barat dan sekitarnya,” ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, saat mengecek kondisi Tol Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6 bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Kakorlantas Polri Firman Santyabudi, Minggu, 9 April 2023.

Pada kesempatan yang sama, Menhub menjelaskan, alasan tol Cisumdawu masih beroperasi secara fungsional pada saat mudik Lebaran tahun ini karena mempertimbangkan aspek keselamatan bagi para pemudik yang melewati jalur ini. 

BACA JUGA:

“Jadi kepada saudara-saudara kita yang akan mudik dari Bandung menuju ke arah Cipali melalui tol Cisumdawu, atas izin dari Menteri PUPR, hanya dapat dioperasikan dari siang hari hingga sore pukul 15.00 WIB,” tutur Menhub.

Sementara itu, Menteri Basuki menjelaskan, untuk pengaturan lalu lintas jalur Tol Cisumdawu saat dibuka fungsional nanti sepenuhnya akan mengikuti arahan Korlantas Polri. 

"Apakah akan diberlakukan contra flow, one way, atau buka-tutup semuanya mengikuti arahan Korlantas Polri sesuai kondisi di lapangan dengan simulasi yang sudah disiapkan,” ujar Menteri Basuki.

Usai dibuka fungsional untuk mudik Lebaran 2023, Menteri Basuki menargetkan seluruh ruas Tol Cisumdawu dapat rampung dan mulai beroperasi penuh pada akhir Mei 2023. 

BACA JUGA:

“Akhir Mei 2023 paling lambat semua ruas operasional di Cisumdawu, sekaligus untuk mendukung operasional Bandara Kertajati," ujarnya.

Sementara itu, Kakorlantas Polri Firman Santyabudi mengungkapkan, jalur tol Cisumdawu yang baru saja selesai dibangun untuk seksi 4, 5, dan 6 pada 15 April 2023 mendatang ini kondisinya masih tidak memungkinkan jika dioperasionalkan secara penuh pada masa mudik lebaran tahun ini.

“Informasi dari lapangan bahwa daerah masih berkabut. Itu juga riskan, para pengemudi. Dan kita tidak berharap mereka nanti terjebak pada saat malam hari, sementara kita masih disibukkan dengan lonjakan di jalur tol Cipali yang memang cukup deras menurut prediksi kita,” ujar Firman.

Sebelumnya, tol Cisumdawu seksi 1, 2, dan 3 mulai dari Cileunyi-Jatinangor-Sumedang-Cimalaka telah diselesaikan dan mendukung kelancaran arus kendaraan pada masa libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2022/2023 lalu.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: