Kemenag Siapkan 13 Skema Layanan Haji Lansia, Ini Deretannya

Kemenag Siapkan 13 Skema Layanan Haji Lansia, Ini Deretannya

Ilustrasi Jemaah haji lansia-himpuh.or.id-himpuh.or.id

13 Skema Layanan Haji Lansia - Kementerian Agama (Kemenag) telah menyiapkan sejumlah skema untuk melayani jamaah haji lansia pada penyelenggaraan haji tahun 2023 M/1444 H.

Skema dirancang mulai dari Tanah Air perjalanan, Arafah Mina Muzdalifah, dan safari wukuf, hingga kembali ke Tanah Air, serta nomenklatur layanan jamaah lansia.  

Kepala Bidang Jamaah Haji Lansia dan Disabilitas PPIH Arab Saudi Slamet ST mengatakan pada musim haji 2023, julah jemaah haji lansia mencapai 56.777 orang. 

Sedangkan yang masuk kuota prioritas lansia sebanyak 10.166 jamaah. 

BACA JUGA:

Dia merinci, untuk lansia berusia 65-74 tahun mencapai 45.796 jamaah atau 68,4 persen.

Kemudian yang berusia 75-84 tahun sebanyak 12.912 jamaah atau 19,3 persen dan yang berusia 85-94 tahun sebanyak 7.680 jamaah atau 11,5 persen

Sedangkan yang berusia 95 tahun ke atas ada 555 jamaah atau 0,8 persen.

"Sesuai UU No 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh disebutkan bahwa ada prioritas kuota kepada jamaah haji lanjut usia yang berusia paling rendah 65 tahun dan dari total kuota 221 ribu, 66.943 di antaranya lansia. Bahkan jika mengacu WHO lansia usia 60 tahun, maka jumlah jamaah haji kita yang lansia berjumlah 93 ribu," kata Slamter pada Bimbingan Teknik Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Senin, 10 april 2023.

BACA JUGA:

Slamet menjelaskan Program Haji Ramah Lansia tersebut dilakukan karena grafik lansia dari tahun ke tahun terus mengalami kenaikan, apalagi masa tunggu haji paling rendah 15 tahun, bahkan ada yang masa tunggunya mencapai 46 tahun. Hal itu dikarenakan masyarakat Indonesia biasanya mulai mendaftar haji atau melakukan setoran setelah kondisi ekonominya mapan.

Atas Program Jamaah Haji Ramah Lansia tersebut, lanjut Slamet, telah disiapkan 13 skema, lima skema di antaranya (dalam negeri) yakni petugas, pembentukan kloter, manasik haji, kegiatan di kabupaten/kota, dan kegiatan di Asrama Haji.

"Kami menyiapkan petugas salah satunya melalui bimbingan teknis dan pembekalan dengan muatan-muatan pelayanan bagi jemaah lansia dan membangun kepedulian terhadap sesama jamaah," katanya.

Skema yang disiapkan mulai dari menambah standar operasional prosedur (SOP) pembentukan kloter jamaah haji lansia, memasukkan materi manasik haji ramah lansia, hingga membuat edaran pelepasan jamaah haji lansia secara singkat dan menyempurnakan SOP pelayanan one stop service dengan memprioritaskan jemaah haji lansia.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: