Meriahkan HUT TNI AU ke-77, Total 89 Pesawat dan 3.693 Prajurit Dikerahkan

Meriahkan HUT TNI AU ke-77, Total 89 Pesawat dan 3.693 Prajurit Dikerahkan

Pesawat tempur F-16 membentuk formasi 77-Narda Margaretha Sinambela-ANTARA

Meriahkan HUT TNI AU ke-77, Total 89 Pesawat dan 3.693 Prajurit Dikerahkan - Puncak peringatan HUT TNI AU ke-77 akan dilaksanakan pada Minggu, 9 April 2023.

Dalam persiapan puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77, puluhan pesawat tempur dan persenjataan serta ribuan prajurit  TNI AU akan dikerahkan dalam gladi bersih yang digelar Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Kamis, 6 April 2023.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan total ada 89 pesawat berbagai jenis dan 3.693 personel TNI AU dilibatkan pada peringatan HUT Ke-77 TNI AU tahun 2023.

"Acara pokok berupa parade dan defile serta acara tambahan demo udara dan darat," katanya dalam keterangannya dikutip Kamis, 6 April 2023.

BACA JUGA:

Diungkapkannya, rangkaian kegiatan gladi bersih dilaksanakan di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma. 

HUT TNI AU ke-77 mengambil tema Profesional, Tangguh dan Modern sebagai Angkatan Udara yang Disegani di Kawasan.

Demo udara berupa penampilan pesawat-pesawat milik TNI AU, berupa simulasi pembebasan sandera (basra) oleh pasukan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat). 

Tak ketinggalan puluhan senjata Kopasgat berbagai tipe, juga ikut dalam defile.

 BACA JUGA:

"Ditunjukkannya berbagai alutsista TNI AU pada peringatan Hari Jadi Angkatan Udara tahun ini merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban TNI AU kepada rakyat Indonesia," katanya.

Dia mengatakan demo udara juga akan melibatkan 89 pesawat dan 1.070 prajurit yang terdiri dari para penerbang dan ground crew. Seluruh pesawat tergabung dalam unsur tempur, transpor dan helikopter yang akan melakukan berbagai manuver terbang.

Unsur tempur melibatkan 36 pesawat TNI AU terdiri dari F-16 Fighting Falcon, Sukhoi SU-27/30, T-50i Golden Eagle dan EMB-314 Super Tucano. Sebanyak 14 pesawat tempur F-16 akan melaksanakan terbang formasi membentuk angka 77.

Sementara itu, empat Sukhoi SU-27/30 akan melaksanakan terbang formasi berupa Box Formation dan Bomb Burst. Sebanyak empat pesawat T-50i dan 1 F-16 melaksanakan Bomb Burst dan dua pesawat T-50i lainnya akan melaksanakan misi Serangan Udara Langsung (SUL) dan Dog Fight dengan 1 pesawat F-16.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: