HUT ke-77 RI, Helikopter TNI AU Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Langit Jakarta

HUT ke-77 RI, Helikopter TNI AU Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Langit Jakarta

Helikopter TNI AU angkut bendera merah putih raksaksa di langit Jakarta-@kepaargawinata-Twitter

JAKARTA, FIN.CO.ID - Nusantara Flight TNI AU kibarkan bendera merah putih raksasa di langit Jakarta, pada Rabu, 17 Agustus 2022.

TNI AU kibarkan bendera merah putih dalam rangka perayaan Hari ulang tahun (HUT) ke-77 Repblik Indonesia edisi 2022.

Bendera merah putih raksasa seberat 1,3 ton dengan ukuran 20x30 meter. Diangkut dengan menggunakan helikopter super puma TNI AU.

Berdasarkan pantauan FIN melalui unggahan twitter @KepaArgawinata. memperlihatkan helikopter  super puma TNI AU melebarkan bendera merah putih raksaksa di langit jakarta.

(BACA JUGA:Wapres Ma'ruf Amin dan Istri Kenakan Baju Adat Banten, Ini Arti Filosofisnya... )

"Nusantara Flght helikopter super puma TNI AU membwa Bendera merah putih raksasa melintasi langit Jakarta. Dirgahayu, Republik Indonesia ke 77 tahun, merdeka,: tuis Kepa Argawinata pada 17 Agustus 2022.

Berat bendera merah putih tersebut masih dalam batas kemampuan angkut sling milik helikopter Caracal dan Super puma TNI AU. Yang menjadi tangtangan di antaranya adalah terkait komposisi helikopter yang berbeda jenis, angin, wing man, hingga waktu.

Sebelumnya, Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan helikopter-helikopter yang tergabung dalam Nusantara Flight rencananya akan terbang melintas dari arah timur ke barat dan melintas di depan Istana Merdeka dengan membawa bendera Merah Putih raksasa.

Helikopter-helikopter yang terlibat dalam Nusantara Flight, kata dia, juga berasal dari beberapa skadron dan matra TNI di antaranya Skadron Udara 6 dan 8 Lanud Atang Sendjaja Bogor, Puspenerbad, Puspenerbal dari TNI AL, dan Polri.

(BACA JUGA:Wakil Wali Kota Depok Ucap Kalimat Ini Usai Resmi Kukuhkan 28 Paskibraka 2022)

Sementara itu, Flight Leader Garuda Flight untuk demo fly pass HUT Ke-77 RI, Mayor Pnb Bambang Aulia Yudhistira mengungkapkan fly pass kali ini bukanlah pengalaman pertamanya terbang melintas di Istana Merdeka Jakarta.

Bambang alias Baul yang memiliki call sign Sphinx tersebut mengaku sebelumnya ia pernah juga terlibat dalam fly pass di Istana Merdeka Jakarta untuk memeriahkan HUT RI. Namun demikian, kata pilot F-16 itu, waktu itu ia menjadi penerbang paling junior dalam demonstrasi fly pass tersebut.

"Waktu itu kebetulan saya juga dengan Mayor Pandu (Deputi Leader Garuda Flight) ada di member tersebut. Masih yang paling junior. Sehingga sebenarnya untuk flow kegiatan ini sedikit lebihnya sudah kami ketahui," ujar Bambang.

(BACA JUGA:Sebut Bangsa Indonesia Tangguh, SBY Kenang Kepemimpinannya Hadapi Tsunami Aceh 2004)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: