Kenalan Yuk Dengan Istilah Pasar Modal: Buyback Saham

Kenalan Yuk Dengan Istilah Pasar Modal: Buyback Saham

Ilustrasi Investasi-FIN.CO.ID-

BACA JUGA:

  1. Harga Saham BBRI Ditutup Terkoreksi 0,21 Persen, Perdagangan Bursa Selasa 4 April 2023
  2. Harga Saham BBCA Terkoreksi 0,28 Persen di Perdagangan Bursa, Selasa 4 April 2023

JPFA telah mendapatkan izin dari para pemegang sahamnya dalam rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) yang digelar pada hari, Rabu 5 April 2023 kemarin, untuk menggelar aksi Buyback Saham publik atau buyback dengan nilai Rp 350 miliar.

Kepala Divisi Pengawasan Keuangan Japfa Comfeed Erwin Djohan, mengatakan JPFA akan melakukan Buyback Saham sebanyak-banyaknya 1,5 persen dari seluruh modal disetor dan ditempatkan JPFA.

Mengutip keterbukaan informasi yang dirilis 27 Februari 2023, Buyback Saham dapat dilaksanakan mulai 6 April 2023 sampai dengan 31 Maret 2024.

Diketahui JPFA Buyback Saham dilaksanakan untuk meningkatkan nilai pemegang saham JPFA, karena dapat meningkatkan return of equity (ROE).

BACA JUGA:

  1. Saham BUMI Bergerak Positif Pimpin Penguatan Sektoral, Imbas Harga Komoditas Batu Bara Melejit
  2. Harga Emas Hari ini 4 April 2023, Produksi Antam Naik Signifikan Rp 5.000 Per Gram Jadi Segini

Aksi korporasi Buyback Saham akan memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi JPFA dalam mengelola modal dan memaksimalkan pengembalian kepada pemegang saham.

"Sepanjang JPFA memiliki modal dan dana lebih, dibanding kebutuhan keuangan dan dengan mempertimbangkan pertumbuhan serta rencana ekspansi, mandat Buyback Saham akan memfasilitasi pengembalian kelebihan kas dan dana bagi pemegang saham dengan cara menguntungkan, efektif dan efisien," ujar Erwin.

Saham yang telah dibeli dan disimpan dalam treasury dapat digunakan antara lain untuk aksi dengan tujuan atau sesuai dengan skema saham yang dilaksanakan oleh Japfa, termasuk Japfa performance share plan.

Penggunaan saham treasury sebagai pengganti penerbitan saham baru, antara lain akan mengurangi dampak dilusi terhadap Pemegang Saham yang ada atas penghargaan saham berdasarkan Japfa performance share plan tersebut.

BACA JUGA:

  1. IHSG Hari ini Rawan Koreksi, Investor Disarankan Fokus ke Saham-saham Berikut
  2. IHSG Hari ini Berpeluang Rebound, Saham BBRI Hingga MYOR Direkomendasikan

Saham buyback juga dapat dijual kembali di luar pasar kepada investor atau pemegang saham, pembiayaan utang yang bersifat ekuitas seperti obligasi yang dapat ditukarkan.

Aksi Buyback Saham pun diperkirakan mengurangi aset dan ekuitas JPFA. Tetapi Japfa berkeyakinan Buyback ini tidak akan mempengaruhi kondisi usaha atau keuangan secara material. 

Manajemen JPFA percaya aksi Buyback Saham tidak akan berpengaruh pada kinerja pendapatan maupun aktivitas pembiayaan.

Buyback Saham tidak akan menyebabkan kekayaan bersih JPFA menjadi lebih kecil dari modal yang ditempatkan ditambah cadangan wajib yang sudah disisihkan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: