Kenalan Yuk Dengan Istilah Pasar Modal: Buyback Saham

Kenalan Yuk Dengan Istilah Pasar Modal: Buyback Saham

Ilustrasi Investasi-FIN.CO.ID-

Buyback Saham - Istilah Buyback Saham sering kita dengar di dunia pasar modal. Buyback saham adalah aksi korporasi yang dilakukan perusahaan berupa pembelian kembali saham yang telah beredar di publik. 

Buyback Saham dilakukan oleh emiten demi menambah jumlah kepemilikan saham yang dimiliki perusahaan, dengan cara membeli kembali saham yang sudah dilepas ke publik. 

Buyback Saham juga berfungsi untuk menjaga likuiditas keuangan emiten. Ini dilakukan dengan cara membeli saham perusahaan sendiri dari publik. 

Ada beberapa tujuan Buyback Saham, antara lain untuk mengembangkan rasio keuangan, mempersiapkan cadangan modal serta antisipasi penurunan harga saham. 

BACA JUGA:

  1. Harga Emas Hari ini 6 April 2023, Produksi Antam Turun Rp 5.000 Per Gram Jadi Segini
  2. Yuk Cari Tahu Apa Itu Rebound Saham dan Penyebabnya, Pahami Cara Analisisnya Disini!

Penting bagi Anda para investor pasar modal untuk mengetahui maksud istilah ini dan juga tujuan diperlukannya penerapan buyback saham. 

Berikut Adalah 3 Tujuan Buyback Saham: 

1. Mengembangkan Rasio Keuangan 

Emiten atau perusahaan yang listing di pasar modal seringkali menjadikan peningkatan rasio keuangan sebagai alasan untuk perusahaan melakukan buyback saham. 

Hal ini juga berkaitan dengan penurunan jumlah saham yang beredar dari banyaknya Buyback. Makin sedikit saham di pasaran, maka rasio earning per share (EPR) juga akan semakin meningkat. 

2. Mempersiapkan Cadangan Modal 

Tujuan Buyback Saham lainnya adalah untuk mempersiapkan cadangan modal bagi perusahaan.

BACA JUGA:

  1. Harga Komoditas Batu Bara Anjlok, Bagaimana Nasib Harga Saham BUMI Hari Ini?
  2. Harga Emas Hari ini 5 April 2023, Produksi Antam Naik Tajam Rp 10.000 Per Gram Jadi Segini

Hasil Buyback Saham dapat dijual kembali ketika harga sedang mengalami tren kenaikan. Hasil Buyback dapat dijadikan sebagai saham treasury yang kemudian dapat disimpan dan dijual kembali saat tren harga saham sedang naik. 

3. Antisipasi Penurunan Harga 

Aksi Buyback Saham juga dapat dilakukan oleh perusahaan saat harga saham perusahaan tersebut sedang turun. 

Aksi Buyback Saham ini dilakukan untuk menjaga psikologis investor. Jika saham sedang turun lalu ada pihak yang membeli saham tertentu dalam jumlah besar maka investor jadi semakin tertarik untuk mengoleksi saham yang bersangkutan.

Contoh Aksi Korporasi Buyback Saham

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) adalah salah satu contoh perusahaan emiten yang melakukan aksi korporasi Buyback Saham.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: