Sulawesi, Halmahera dan Laut Banda Diprediksi Gempa Magnitudo 8, Frank Hoogerbeets: 3-4 Maret Atau 6-7 Maret

Sulawesi, Halmahera dan Laut Banda Diprediksi Gempa Magnitudo 8, Frank Hoogerbeets: 3-4 Maret Atau 6-7 Maret

Frank Hoogerbeets memprediksi gempa magnitudo 8 di Sulawesi, Halmahera dan laut Banda terjadi pada 3-4 Maret atau 6-7 Maret 2023-SSGEOS-Youtube

Sulawesi, Halmahera dan Laut Banda Diprediksi Gempa Magnitudo 8, Frank Hoogerbeets: 3-4 Maret Atau 6-7 Maret - Gempa bumi dahsyat berkekuatan magnitudo 8 diprediksi akan terjadi dalam waktu dekat di 3 wilayah di Indonesia. Yaitu Sulawesi, Halmahera dan Laut Banda.

Prediksi gempa dahsyat tersebut diungkapkan oleh ahli seismik asal Belanda Frank Hoogerbeets melalui channel Youtube SSGEOS. 

BACA JUGA:36 Gempa Susulan di Sulawesi Tengah Tercatat BMKG, Ini Wilayah yang Paling Merasakan Gempa

Sebelumnya, prediksi Frank Hoogerbeets terkait gempa besar di Turki tidak meleset. 

Menurut Frank Hoogerbeets, pada awal Maret merupakan masa-masa kritis. Dia menyebut akan ada gempa dahsyat dengan kekuatan magnitudo 8.

"Sulawesi, Halmahera, mungkin Laut Banda, Indonesia," ujar Frank Hoogerbeets seperti dikutip fin.co.id melalui channel Youtube SSGEOS pada Sabtu, 4 Maret 2023. 

Frank Hoogerbeets mengatakan konvergensi geometri planet kritis sekitar antara 2 hingga 5 Maret 2023. 

BACA JUGA:Ratusan Pekerja Migran Indonesia dan Dua Jenazah Korban Gempa Turki Sudah Tiba di Tanah Air

"Hal ini dapat mengakibatkan aktivitas seismik besar hingga sangat besar. Bahkan mungkin gempa dorong besar sekitar 3 sampai 4 Maret dan atau 6 hingga 7 Maret 2023," imbuhnya.

Wilayah yang terkena dampak diprediksi berada di semenanjung Kamchatka dan Kepulauan Kuril, Rusia. Selanjutnya Filipina dan Indonesia.

Dalam penjelasan ilmiahnya, Frank Hoogerbeets memperlihatkan peta bumi dengan garis ungu. 

Itu menandakan adanya kemungkinan terjadi gempa. Pada jangkauan juga memperlihatkan Kepulauan seperti Bali, NTB, dan NTT.

BACA JUGA:Turki Kembali Diguncang Gempa, 3 Orang Meninggal 213 Luka-Luka

Dia menegaskan prediksinya bukan untuk menakut-nakuti. Tetapi memperingatkan warga di suatu negara agar waspada terhadap kemungkinan gempa. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: