36 Gempa Susulan di Sulawesi Tengah Tercatat BMKG, Ini Wilayah yang Paling Merasakan Gempa

36 Gempa Susulan di Sulawesi Tengah Tercatat BMKG, Ini Wilayah yang Paling Merasakan Gempa

Peta pusat gempa dengan magnitudo 5, 5 yang terjadi pada Senin Senin (27/2/2023) pukul 08.26 WIB di tenggara Sigi, Sulawesi Tengah.--

36 Gempa Susulan di Sulawesi Tengah Tercatat BMKG - BMKG Kota Palu, mencatat hingga Pukul 18.00 WITA sudah terjadi 36 kali gempa susulan di Sulawesi Tengah.

Gempa susulan tersebut terjadi pascagempa Magnitudo 5,8 sekitar pukul 09:26 WITA di Sulawesi Tengah pada Senin 27 Februari 2023.
 
"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki Magnitudo 5,5 dan episenter gempa terletak pada kedalaman 10 km di koordinat 1,57 Lintang Selatan dan 120,21 Bujur Timur, 42 km tenggara Sigi," kata Kepala BMKG Kota Palu Sujabar, Senin 27 Februari 2023 malam.

BACA JUGA:Laksanakan Perintah Irjen Teddy Minahasa Bawa Sabu ke Jakarta, Dody: Saya Takut, Beliau Jenderal Saya AKBP
 
Menurutnya,  gempa ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip)," ujarnya.
 
Dia menambahkan dampak gempa bumi hari ini sangat dirasakan di daerah Sigi dengan skala intensitas IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

Kemudian daerah Palu, Poso, dan Wuasa, dengan skala intensitas III-IV MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan akan truk berlalu).

BACA JUGA:Pendaftaran Mudik Motor Gratis Segera Dibuka, Cek Syarat dan Info Selengkapnya Di Sini
 
"Kemudian daerah Toli-toli, Buol, Morowali Utara, Mamuju, Ampana, Wakai - Kepulauan Togean, Pasangkayu, Malili, Majene, Masamba dengan skala intensitas III MMI," ungkapnya.
 
Kemudian daerah Polewali Mandar dan Mamuju Tengah dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).
 
Sebelumnya Kepala BMKG stasiun Geofisika Kota Palu menyatakan pihaknya belum menerima adanya laporan kerusakan akibat gempa dari Magnitudo 5,8 kemudian dimutakhirkan menjadi Magnitudo 5,5 yang terjadi sekitar pukul 09:26 WITA Senin pagi.
 
"Belum ada laporan kerusakan, kami berencana akan meninjau langsung ke lokasi gempa," ungkapnya.

BACA JUGA:Cara Download Video Facebook Tanpa Aplikasi, Gampang Banget!

Dalam kesempatan itu ia juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tetap memperbaharui informasi dari BMKG atau pemerintah setempat.
 
"Jangan mempercayai informasi yang kebenarannya tidak dapat dipertanggungjawabkan, selalu pantau website dan informasi dari BMKG," ujarnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: