Ratusan Pekerja Migran Indonesia dan Dua Jenazah Korban Gempa Turki Sudah Tiba di Tanah Air

Ratusan Pekerja Migran Indonesia dan Dua Jenazah Korban Gempa Turki Sudah Tiba di Tanah Air

Ratusan Pekerja Migran Indonesia dan Dua Jenazah Korban Gempa Turki Sudah Dipulangkan ke Indonesia --Polres Bandara Soetta Untuk FIN

Ratusan Pekerja Migran Indonesia dan Dua Jenazah Korban Gempa Turki Sudah Tiba di Tanah Air - Sebanyak 114 Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang terdampak gempa Turki telah dipulangkan ke Indonesia.

Ratusan PMI yang bekerja di Turki itu telah kembali ke Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Kamis 23 Februari 2023.

Selain 114 PMI dalam proses pemulangan itu juga terdapat dua jenazah korban gempa Turki yang meninggal dunia atas nama Ni Wayan Sutini asal Bali dan Irma Lestari asal Nusa Tenggara Barat (NTB).

Wakapolresta Bandara Soetta AKBP Anton Firmanto mengatakan, 114 WNI atau Pekerja Migran Indonesia (PMI) tiba di Terminal 3 Bandara Soetta menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 7890 rute Jeddah (JED)- Jakarta (CGK).

BACA JUGA:Update Gempa Turki: 1 Warga Lombok Ditemukan Wafat di Reruntuhan Apartemen

Kata dia, 114 PMI dan dua jenazah korban gempa Turki itu tiba di Indonesia pada Kamis (23/2/2023) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB.

"Pemulangan para WNI ini dilakukan oleh KBRI Ankara bekerja sama dengan Kemenlu dan BNPB serta Hubinter Polri," kata dia kepada FIN di Tangerang.

Dia juga menjelaskan, sebanyak 114 orang dan 2 jenazah PMI itu dipulangkan melalui kargo.

Dia menyebut, sebanyak 84 orang di antaranya merupakan WNI biasa, 1 orang PMI biasa dan 8 orang PMI terindikasi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

BACA JUGA:Gempa Turki; 2 WNI Masih Dicari, Wanita Asal Bali Bersama Anak dan Suaminya Ditemukan Meninggal Dunia

Selain itu, sambungnya, ada empat orang pendamping,terdiri dari 2 petugas Perlindungan Warga Negara Indonesia (PWNI) dan 2  orang KBRI. Kemudian, sebanyak 18 orang dari Tim Kemanusiaan  (EMT dan Kemko PMK).

"Dua jenazah melalui kargo atas nama Irma Lestari asal Lombok, NTB dan Ni Wayan Supini asal Bali langsung dipulangkan ke kampung halaman melalui Kargo Bandara Soetta,"  pungkasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: