Pakar Manajemen Optimis Erick Thohir Mampu Benahi Benang Kusut di PSSI dan Sepak Bola Indonesia

Pakar Manajemen Optimis Erick Thohir Mampu Benahi Benang Kusut di PSSI dan Sepak Bola Indonesia

Ketum PSSI 2023-2027 Erick Thohir (tengah) didampingi Waketum PSSI Zainudin Amali (kiri) dan Ratu Tisha Destria (kanan).-Twitter/@PSSI-

Pakar Manajemen Optimis Erick Thohir Mampu Benahi Benang Kusut di PSSI dan Sepak Bola Indonesia- Setelah terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir langsung membuat sejumlah gebrakan untuk perbaikan internal PSSI dan sepak bola nasional.

Gebrakan itu di antaranya, membentuk Komite Ad Hoc Suporter, Komite Ad Hoc Infrastruktur dan Badan Tim Nasional.

Pakar Manajemen dari Universitas Mercu Buana Prof. Chaerudin optimis Erick Thohir sebagai pemimpin baru PSSI dapat memberikan perbaikan kepada induk organisasi sepak bola Indonesia tersebut. 

BACA JUGA:Duet Ganjar Pranowo-Erick Thohir Paling Laku di Pasar Pemilu

Hal itu, menurutnya, berkat pengalaman manajerialnya mengolah beberapa klub nasional dan terlebih punya rekam jejak positif dalam mengelola manajemen klub papan atas Eropa, Inter Milan. 

“Saya sih bersikap positif saja dan konstruktif kalau memang itu ada perubahan mengarah kebaikan kenapa tidak, dengan latar belakang punya kompetensi orangnya (Erick). Jadi kalau dia punya potensi kan Pak Erick pernah pegang Inter Milan, klub Eropa,” ujar Chaerudin, Jumat, 24 Februari 2023.

BACA JUGA:Edy Rahmayadi ke Erick Thohir yang Terpilih Jadi Ketum PSSI: Ada Kesulitan Pasti

Menurut Chaerudin, dunia sepak bola sekarang sudah menjadi industri yang berkembang pesat, oleh karenanya, harus mampu direspon dengan baik dengan adaptasi sepak bola modern dan ditangani secara profesional.

“Bahwa sekarang ini sepak bola menjadi suatu industri olahraga jadi semacam industri tidak seperti dulu amatiran sekarang kan profesional,” ucapnya.

Chaerudin mengatakan, tentu saja dalam membangun sebuah manajemen organisasi yang baik, Erick Thohir harus memilih orang-orang yang kompeten dan latar belakang teruji dibidangnya untuk melakukan perubahan dalam tubuh PSSI.

BACA JUGA:Temui Jokowi, Erick Thohir Bantah Adanya Isu Pemerintah Intervensi PSSI

“Sosok-sosok yang dipilih pak Erick Thohir itu tentunya orang-orang yang punya kompeten, saya juga belum tahu ke dalam, tapi kalau memang itu punya kompetensi dan punya skill yang baik kenapa tidak. Sementara sih saya menanggapinya positif ya dan konstruktif secara ilmiah,” jelasnya.

Lanjut Chaerudin, menyinggung pengalaman Erick Thohi sebagai mantan Bos Inter Milan yang berhasil membenahi manajemen Klub berjuluk Nerazzurri itu dari keterpurukan, tentu hal itu dapat diterapkan juga di PSSI.

Meskipun kata Chaerudin ada perbedaan antara Eropa dan Indonesia dari kultur dan karakter Sumber Daya Manusia (SDM), menurutnya tinggal melakukan penyesuaian.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: