KSP Sari Sedana Bali Maksimalkan SDM Unggul Diperkuat Modal LPDB-KUMKM

KSP Sari Sedana Bali Maksimalkan SDM Unggul Diperkuat Modal LPDB-KUMKM

KSP Sari Sedana Bali Maksimalkan SDM Unggul Diperkuat Modal LPDB-KUMKM--(dok.LPDB-KUMKM)

Kami mengetahui keberadaan LPDB-KUMKM sejak tahun 2011 melalui kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Karangasem maupun Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali. Melalui bimbingan Dinas Koperasi dan UKM tersebut, koperasi mampu meningkatkan produktivitas usaha, serta mendapatkan informasi terkait modal usaha, pendampingan, serta strategi pemasaran produk anggota yang bisa dipasarkan melalui media sosial koperasi,” tambah Oka.

Oka melanjutkan, kehadiran Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) dan Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Bali turut dirasakan kehadirannya dalam membina dan mengarahkan KSP Sari Sedana Bali, khususnya mengenai upaya peningkatan kualitas usaha koperasi dan anggota. Sharing dan diskusi dengan koperasi lain pun dinilai sangat membantu dalam menghadapi permasalahan-permasalahan yang kerap menghambat kemajuan dan peningkatan usaha koperasi.

Maksimalkan Daya Saing

Mengawali tahun 2023, KSP Sari Sedana Bali telah menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2022 pada Januari 2023 silam. Dalam RAT tersebut, Oka menyampaikan bahwa koperasi harus mampu beradaptasi dan bertransformasi secara dinamis terutama dalam menghadapi tantangan di tahun ini. Adapun target 2023, akan lebih banyak ke peningkatan manajemen SDM. Oleh sebab itu, anggota diharapkan dapat terus aktif dan memanfaatkan produk-produk (program) koperasi.

“Kami berharap koperasi di masa kini dan mendatang lebih maju dan mampu bersaing di era Revolusi Industri 4.0. Guna meningkatkan usaha anggota agar lebih berkembang, keberadaan LPDB-KUMKM sangat dibutuhkan di tengah-tengah pelaku usaha. Kepercayaan yang diberikan kepada KSP Sari Sedana Bali diharapkan kembali diberikan karena sebagai lembaga penyalur dana murah, LPDB-KUMKM memberikan kemudahan, serta fasilitas dana murah yang dapat membantu koperasi bersaing dengan lembaga pembiayaan lain, sehingga koperasi lebih maju dan berkembang,” tutur Oka.

BACA JUGA:Tahun 2023, LPDB-KUMKM Gencarkan Penyaluran Dana Bergulir Berbasis Klaster Koperasi

Menghadapi perubahan zaman tersebut membutuhkan kesiapan dan keterampilan SDM yang maksimal. Demikian pula yang mendorong LPDB-KUMKM menerapkan budaya kerja EPICS guna meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Melalui Excellence, Professionalism, Integrity, Customer Focus, Synergy diharapkan mampu mewujudkan visi dan misi lembaga yang terdepan dengan kinerja yang unggul.

Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo menyampaikan, seluruh karyawan LPDB-KUMKM bekerja secara profesional dan terukur dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, etika, kepatuhan terhadap peraturan lembaga. Sikap proaktif dan produktif dalam melayani pemenuhan kebutuhan mitra/calon mitra LPDB-KUMKM sangat dibutuhkan agar terjalin hubungan yang baik dan harmonis.

“Saya berharap EPICS menjadi pemacu energi dan penyemangat bagi para pegawai dalam menjalani pekerjaan khususnya saat melayani calon mitra dan mitra LPDB-KUMKM di seluruh Indonesia. Melalui budaya kerja tersebut diharapkan tercipta etos kerja pegawai yang profesional dan kompeten sehingga mampu berjuang secara optimal menghadapi tantangan di kondisi apapun,” kata Supomo.

Supomo menuturkan, transformasi dan reformasi layanan LPDB-KUMKM yang lebih optimal dan cepat terus dilakukan seiring perkembangan teknologi yang kian pesat. Proses pemberian pinjaman/pembiayaan ke koperasi dengan speed up lebih cepat memang sangat dibutuhkan agar penyalurannya dapat tepat sasaran dan tepat guna bagi peningkatan usaha koperasi dan anggota.

BACA JUGA:LPDB-KUMKM Pastikan Langkah Relaksasi Bagi Koperasi Terdampak Gempa Cianjur

“Pada akhirnya, budaya kerja EPICS serta peningkatkan sistem dan infrastruktur di dalam LPDB-KUMKM dapat menguatkan manajemen dalam mendukung Tri Sukses LPDB-KUMKM. Harapannya, LPDB-KUMKM dapat menjadi integrator bagi percepatan dan pengembangan industri keuangan mikro di daerah, khususnya mitra-mitra koperasi di tanah air,” tutup Supomo.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: