Perjalanan Panjang Proyek Sodetan Ciliwung, Kapan Selesai?

Perjalanan Panjang Proyek Sodetan Ciliwung, Kapan Selesai?

Presiden Joko Widodo memberi keterangan kepada sejumlah wartawan usai meninjau proyek sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur di Jakarta Timur, Selasa (24/1/2023).--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Proyek sodetan Sungai Ciliwung belakangan menuai sorotan publik lantaran Presiden Jokowi menyatakan bahwa proyek untuk mengatasi banjir di Jakarta itu mangkrak selama 6 tahun.

Meski demikian, proyek sodetan Ciliwung ini sebenarnya merupakan penanggulangan banjir yang sudah direncanakan sejak lama.

Perjalanan panjang proyek tersebut bisa saja dilaksanakan pemerintah dari satu kepemimpinan hingga kepemimpinan selanjutnya.

BACA JUGA:Beberapa Fakta Sungai Ciliwung dan Sejarahnya sejak Kerajaan Pajajaran

Namun masyarakat tentunya juga butuh kepastian, kapan selesai?

Proyek penanggulangan banjir itu sangat diperlukan agar masyarakat tidak terus menerus alami ketidakpastian beraktivitas ketika musim hujan tiba.

Sodetan Ciliwung atau Sodetan Kali Ciliwung jadi perhatian khalayak sesudah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan proyek ini terbengkalai selama kurun waktu enam tahun.

Ada beberapa masalah yang membuat proyek Sodetan Ciliwung berhenti.

BACA JUGA:Proyek Sodetan Ciliwung Kelurahan Bidara Cina Gusur 4 Bangunan

Paling dominan ialah kasus pembebasan lahan, khususnya pada bagian jalur air masuk (inlet) karena ada penolakan masyarakat.

Sejarah Sodetan Ciliwung dari situs resmi Kementerian PUPR, proyek Sodetan Ciliwung ialah usaha pemerintah pusat dengan menggandeng Pemprov DKI Jakarta untuk menangani banjir yang kerap menerpa Ibukota tiap tahunnya.

Proyek Sodetan Ciliwung ialah satu dari sekian proyek pengendali banjir di wilayah hilir selain dengan sumur serapan, tanggul raksasa di pesisir Utara (giant sea wall), dan normalisasi sungai.

Sementara di hulu, pemerintah membuat dua bendungan sekaligus, yaitu Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi yang telah beroperasi mulai akhir tahun 2022.

BACA JUGA:Anies Disorot soal Pembangunan Sodetan Ciliwung sempat Mangkrak, Politisi Nasdem yang Jawab

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Darul Fatah

Tentang Penulis

Sumber: