Sungai Ciliwung Bakal Dijadikan Ruang Publik, Bukan Lagi Jadi MCK Hingga Rumah Kumuh!

Sungai Ciliwung Bakal Dijadikan Ruang Publik, Bukan Lagi Jadi MCK Hingga Rumah Kumuh!

Apel pelaksanaan giat bersih-bersih Sungai Ciliwung di wilayah Kalibata Jakarta Timur, Jumat 2 Desember 2022-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane, Ditjen Sumber Daya Air bakal menjadikan Sungai Ciliwung sebagai ruang publik. 

Ruang publik dimaksud yakni pusat kegiatan, baik itu olahraga air hingga edukasi dan pariwisata. 

BACA JUGA:Usai Uji Kelayakan, Kemen PUPR Beri Catatan Soal Kursi dan Toilet Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi

BACA JUGA:Garap IKN Nusantara, Kementerian PUPR Gandeng Jepang

Diketahui, aliran Sungai Ciliwung dari Hulu hingga hilir, sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk sarana olahraga air seperti olahraga mendayung dengan kano, hingga perahu naga. 

Sementara untuk kegiatan pariwisata, Sungai Ciliwung bisa dijadikan taman-taman, hingga pusat kegiatan waterfront, seperti beberapa tempat di Indonesia, salah satunya Teras Cikapundung di Bandung, Jawa Barat. 

Direktur Operasi Pemeliharaan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Kementerian PUPR,  Adenan Rasyid mengatakan untuk mewujudkan hal tersebut, yang paling utama harus dilakukan adalah menjaga kebersihan sungai dan merubah pola pikir masyarakat, khususnya di bantaran Sungai. 

Adnan mengungkapkan dalam rangkaian hari bhakti PUPR ke-77, dilakukan kegiatan bersih-bersih sungai Ciliwung mulai dari Jembatan Kalibata hingga jembatan di Jalan MT Haryono, sepanjang kurang lebih 3,3 km.

BACA JUGA:Menteri Basuki Mendadak Jadi Fotografer Jokowi di G20 Bali, Jubir PUPR Buka Suara

BACA JUGA:Menko PMK Minta Kementerian PUPR Bangun Infrastruktur Kerakyatan, Menteri Basuki: Siap!

"Kita membawa teman-teman dari komunitas olahraga dayung, kita ingin memberikan pesan kepada semua orang bahwa sungai ini harus bisa dinikmati semua orang," kata Adnan, ditemui usai acara Bersih dan Sehat Bersama Ciliwung, Jumat 2 Desember 2022. 

Adnan berharap ketika sebuah sungai itu bersih dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar dalam kegiatan-kegiatan yang mempunyai nilai ekonomis. Mulai dari pemanfaatan sampah hingga pemanfaatan Sungainya.

"Harapan kita semua orang bisa bermain-main kano disini syaratnya satu, sungai harus bersih, kalau kotor kan orang segan," sambungnya.

Dari pemanfaatan sampah, menurut Adnan sebetulnya masyarakat bisa mengubah sampah menjadi bernilai ekonomis. Sehingga harapannya sampah tersebut tidak perlu dibuang ke sungai.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: