Jokowi Beberkan Alasan Pilih Laksamana TNI Muhammad Ali Jadi KSAL

Jokowi Beberkan Alasan Pilih Laksamana TNI Muhammad Ali Jadi KSAL

Presiden Joko Widodo melantik Laksamana TNI Muhammad Ali sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) di Istana Negara Jakarta, Rabu (28/12/2022). -Desca Lidya Natalia-ANTARA

JAKARTA, FIN.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap alasan mengapa milih Laksamana TNI Muhammad Ali jadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL).

Jokowi menyebut memilih Laksamana Muhammad Ali sebagai KSAL dengan mempertimbangkan rekam jejak alumni Akademi Angkatan Laut angkatan ke-35 tahun 1989 itu.

"Selalu saya melihat rekam jejak. Beliau ini kan pernah Gubernur Akademi Angkatan Laut, pernah di Pangkoarmada (Panglima Komando Armada RI), pernah di Pangkogabwilhan (Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan), jadi pengaman, rekam jejak itu menjadi selalu saya lihat, dan beliau memiliki 'leadership' yang baik," kata Jokowi saat Pelantikan Laksamana TNI Muhammad Ali sebagai KSAL di Istana Negara Jakarta, Rabu, 28 Desember 2022. 

Usai melantik, Jokowi kemudian menginstruksikan kepada KSAL Laksaman TNI Muhammad Ali untu dapat menjaga kedaulatan Indonesia di wilayah laut.

BACA JUGA:Ini Dia Sosok KSAL yang Baru, Laksamana TNI Muhammad Ali

BACA JUGA:Besok, Jokowi Lantik KSAL Pengganti Laksamana Yudo Margono, Ini Dia Sosoknya

"Kita tahu dua per tiga Indonesia ini adalah air, adalah laut. Jadi konsentrasi untuk kedaulatan utamanya di laut, itu yang jadi tanggung jawab besar dari KSAL yang baru, Pak Muhammad Ali," tegasnya.

"Utamanya juga yang berkaitan dengan pulau-pulau perbatasan, itu harus menjadi titik perhatian. Itu saja," lanjut Jokowi.

Jokowi juga berpesan agar KSAL Lasamana TNI Muhammad Ali menyelesaikan masalah di perbatasan laut Indonesia.

"Tadi kan saya sampaikan perbatasan, yang berkaitan dengan perbatasan, utamanya laut, bukan perbatasan daratan, perbatasan yang berkaitan dengan laut," katanya.

BACA JUGA:9 Jenderal Bintang Tiga Ini Calon KSAL, Siapa Kandidat yang Paling Kuat?

BACA JUGA:Laksamana Yudo Margono Bicara Soal Calon KSAL Penggantinya

Sedangkan untuk penyediaan alat utama sistem pertahanan (alutsista), Jokowi berharap ada modernisasi.

"Termasuk juga modernisasi alutsista kita yang berkaitan dengan laut, harus terus diperkuat," kata Presiden.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: