Ternyata ini Alasan Jokowi Pilih KSAL Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Ternyata ini Alasan Jokowi Pilih KSAL Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI

KSAL Laksmana TNI Yudo Margono.-(ANTARA PHOTO/M Risyal Hidayat/foc./rn)-

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajukan Surat Presiden (Surpres) tentang penunjukan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa. 

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengungkapkan, alasan Presiden Jokowi mengusulkan Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI, salah satu pertimbangan dasarnya adalah rotasi matra di tubuh TNI.

BACA JUGA:Laksamana Yudo Margono Ditunjuk Jadi Panglima TNI, Begini Respon Komisi I DPR

BACA JUGA:KSAL Laksamana Yudo Margono Resmi Calon Tunggal Panglima TNI

"Ya, bisa jadi salah satu pertimbangannya (rotasi matra di tubuh TNI). Saya kira itu salah satulah pertimbangannya," ujar Pratikno dikutip pada Selasa 29 November 2022. 

Diketahui, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa berasal dari matra Angkatan Darat. Sebelumnya, Marsekal Hadi Tjahjanto berasal dari matra Angkatan Udara. Kini, saatnya Panglima TNI berasal dari matra angkatan laut.

Menurut Pratikno, semua kepala staf TNI layak menjadi Panglima TNI untuk menggantikan Jenderal Andika Perkasa. Terlebih, Panglima TNI selalu berasal dari kepala staf angkatan.

"Jadi, kalau calon panglima TNI itu selalu dari kepala staf yang masih aktif sebagai anggota TNI. Nah, dalam hal ini, yang memenuhi syarat, ya, hanya tiga saja, apakah KSAU, KSAD atau KSAL. Semuanya kan sudah memenuhi syarat sebenarnya," tuturnya.

BACA JUGA: Segini Harta Kekayaan Calon Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono

BACA JUGA:Disebut Jadi Panglima TNI, Begini Pernyataan Lengkap KSAL Laksamana TNI Yudo Margono

Hanya saja, diungkapkan Pratikno, pada akhirnya, penentuan Panglima TNI berada di tangan Presiden Jokowi. Sebab, hal tersebut merupakan hak prerogatif presiden.

"Dalam hal ini, Pak presiden memilih calon itu dari KSAL. Itu aja," ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua DPR Puan Maharani mengatakan, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono akan ditunjuk menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022 mendatang.

“Nama yang diusulkan Bapak Presiden Jokowi untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa adalah Laksamana TNI Yudo Margono yang saat ini menjabat sebagai KSAL,” tutur Puan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: