Putri Gus Dur Soroti Warga Cilebut Bogor Dilarang Ibadah Natal Viral: Runyam Sih Kalau Begini Terus

Putri Gus Dur Soroti Warga Cilebut Bogor Dilarang Ibadah Natal Viral: Runyam Sih Kalau Begini Terus

Putri Gus Dur, Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid.-Screenshot YouTube/KOMPASTV-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Putri Gus Dur Alissa Wahid soroti warga Cilebut, Kabupaten Bogor dilarang ibadah natal viral dengan menuliskan komentar runyam sih kalau begini terus.

Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid melontarkan pendapatnya pada sebuah komentar lewat akun media sosial Instagram bernama @AlissaWahid yang telah terverifikasi.

Salah satu putri Gus Dur itu terpantau memang aktif dalam memakai platform tersebut untuk menyuarakan sudut pandang pribadinya.

Kini Alisa Wahid turut angkat bicara terhadap warga Cilebut, Kabupaten Bogor dilarang melaksanakan ibadah natal yang berujung viral.

BACA JUGA:Larangan Perayaan Natal di Cilebut Bogor, Moeldoko Bilang Begini

"Tanggal 17 Des lalu, di rumah kami di Ciganjur ada #HaulGusDur diikuti ribuan orang," tulis Alissa Wahid, Selasa, 27 Desember 2022.

"Pak Pemdes Cilebut bilang orang kristen ibadahnya di gereja, gak di rumah. Kalau pakai logika warga Cilebut, orang Islam di masjid," tambahnya.

"Kami juga gak boleh dong beribadah Tahlil seperti itu. Ayo adil," tegas Alissa Wahid.

Selain itu putri Gus Dur tersebut merasa bahwa masalah warga Cilebut, Kabupaten Bogor dilaran ibadah natal dipengaruhi sejumlah hal.

BACA JUGA:Abu Janda Ungkap Sindiran Menohok Soal Warga Cilebut Diduga Larang Umat Kristen Ibadah Natal Viral

"Problem ini dipengaruhi beberapa hal: Pandangan keagamaan yang mengeksklusi mereka yang berbeda iman, mengklaim Kebenaran sambil menganggap liyan sebagai musuh dan tidak punya hak," jelas Alissa.

"Mental set mayoritas-minoritas, merasa sebagai mayoritas memang lebih berhak dan minoritas adalah subordinat," sambungnya.

Alissa Wahid juga bilang sudah gitu, masyarakat Indonesia sosio-centris, suka mengatasnamakan kelompok. Jadi suka mengklaim-klaim atas nama kelompok. 


Sejumlah warga Cilebut diduga melarang umat kristen setempat ibadah natal berujung viral.-Screenshot Twitter/@txtdaribogor-

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tiyo Bayu Nugro

Tentang Penulis

Sumber: