Transisi Energi, PLN Bersama Pemerintah Gotong Royong Ciptakan Energi Bersih

Transisi Energi, PLN Bersama Pemerintah Gotong Royong Ciptakan Energi Bersih

PT PLN (Persero) siap berkolaborasi bersama pemerintah dan berbagai pihak untuk menjalankan program transisi energi--(dok.PLN)

Selain itu, PLN berkomitmen untuk terus mengakselerasi pembangunan pembangkit listrik yang berbasis EBT. PLN menargetkan 51,6 persen pembangkit berbasis EBT di tahun 2030 mendatang.

"RUPTL terhijau itu sangat agresif. Untuk pertama kalinya penambahan pembangkit sampai 2030 itu 51,6 persen berbasis pada EBT, artinya ada 20,9 GW additional capacity pembangkit EBT dibangun sampai 2030," kata Darmawan.

Darmawan menambahkan, PLN juga sudah melakukan inovasi co-firing dengan menggunakan biomassa. Inovasi ini merupakan langkah PLN untuk melibatkan masyarakat dalam menciptakan energi bersih.

"Kami membangun rantai pasoknya sehingga energi hijau berbasis ekonomi kerakyatan ini dapat menciptakan lapangan kerja," kata Darmawan.

BACA JUGA:Presiden Tekankan Pentingnya Hilirisasi Industri bagi Perekonomian, PLN Siapkan Dukungan Listrik Andal

Di sisi lain kata Darmawan, PLN juga sudah menyiapkan beberapa langkah pada internal perusahaan. Seperti melakukan reformasi organisasi dan peningkatan kompetensi dan skill para pegawainya.

"Kami melakukan reformasi dari sisi organisasi sehingga dari yang tadinya statis menjadi dinamis. Sehingga organisasi bisa lebih relevan dengan tantangan masa depan yaitu energi hijau," pungkas Darmawan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: