Kenapa Otak Brigadir J Bisa Pindah ke Perut? Begini Jawaban Ahli Forensik

Kenapa Otak Brigadir J Bisa Pindah ke Perut? Begini Jawaban Ahli Forensik

Dokter Farah Primadani di PN Jaksel.--pmjnews

JAKARTA, FIN.CO.ID - Ahli Forensik dan Medikolegal Dokter Farah Primadani beri jawaban soal misteri otak Brigadir Nfoyang pindah ke perut.

Dokter Farah dihadirkan sebagai saksi dalam persidangan kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, pada Senin, 19 November 2022.

Farah pun jelaskan jika otak Brigadir J bisa berada di perut merupakan tahapan autopsi jenazah.

“Jadi setelah pemeriksaan autopsi selesai, jadi autopsi itu, kita memeriksa semua organ. Semua organ kita periksa, kemudian setelah selesai maka akan kembali dikembalikan lagi,” ujar Farah di sidang pada Senin, 19 Desember 2022.

BACA JUGA:Ferdy Sambo Yakini Ahli Kriminologi Jika Istrinya Dilecehkan: Tidak Mungkin Saya Berbohong

BACA JUGA:Ferdy Sambo Tak Menyangka Rekaman CCTV Bisa Ungkap Kebohongannya

Lanjutnya, organ di tubuh Brigadir J akan dikembalikan ke posisi aslinya setelah proses pemeriksaan selesai dilakukan, termasuk otak.

“Pada saat itu pengembalian itu masuk dilakukan ke rongga tubuh karena akan dilakukan proses tindakan embalming (pembalseman) pasca autopsi. Sehingga untuk memaksimalkan embalming itu, kami rendam dengan formalin dan dimasukkan ke rongga perut,” paparnya.

Farah meneruskan autopsi ini sudah merupakan prosedurnya dan mengatakan tidak ada organ yang diambil atau ditinggalkan di posisi lain.

“Itu SOP kami adalah semua organ yang telah diperiksa dimasukkan ke dalam organ tubuh. Tidak ada satu organ pun yang diambil atau yabg ditinggalkan di organ tubuh,” tandasnya.

BACA JUGA:Ahli: Kesaksian Ferdy Sambo Tak Menembak dan Kesaksian Putri Candrawathi Tak Selingkuh Terindikasi Bohong

Perihal otak dari Brigadir J yang berpindah ke perut setelah autopsi sempat dibicarakan dan diherankan oleh kuasa hukum keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak.

“Otak ditemukan di bagian dada. Saya enggak tahu siapa yang mindahin otak ke bagian dada. Apakah bagian autopsi pertama atau sebelumnya,” ujar Kamaruddin.

Sebelumnya, Seluruh terdakwa perkara pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Richard Eliezer, Bharada E, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf dihadir saksi ahli forensik.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: