Garap IKN Nusantara, Kementerian PUPR Gandeng Jepang

Garap IKN Nusantara, Kementerian PUPR Gandeng Jepang

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata (MLIT) Jepang Mizushima dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji pada Rabu 16 November 2022 (dok. Birkom--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Mengakhiri rangkaian pertemuan bilateral dalam rangka penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata (MLIT) Jepang Mizushima dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji pada Rabu 16 November 2022. 

"Terima kasih kepada Pemerintah Jepang khususnya MLIT dan JICA yang telah membantu kami dengan mengirimkan beberapa tenaga ahli, terutama untuk supervisi pembangunan infrastruktur IKN yang sedang berlangsung," kata Menteri Basuki, dikutip dari keterangan tertulisnya, Jumat 18 November 2022. 

BACA JUGA:Tol Bali Mandara Siap Layani Mobilitas Delegasi G20

BACA JUGA:Bangun PLTS Kapasitas Total 210 MW, PLN Dukung Amazon Penuhi 100 Persen Energi Hijau

Basuki mengungkapkan Kementerian PUPR sudah memulai pembangunan infrastruktur dasar di IKN sejak awal September 2022 lalu, di antaranya pembangunan jalan tol dan jalan nasional, penyediaan air baku, rumah untuk pekerja konstruksi IKN, serta penyiapan lahan siap bangun (land development).

Terkait dengan pertanyaan kemungkinan partisipasi investor, Menteri Basuki menegaskan bahwa sesuai arahan Presiden Jokowi untuk mempercepat pembangunan IKN, investor asing juga dapat terlibat  misalnya untuk membangun rumah sakit, sekolah, pasar, dan infrastruktur lainnya. 

"Diharapkan para pengusaha Jepang bisa ikut berinvestasi dalam pembangunan IKN," tambah Menteri Basuki.

Wakil Menteri Mizushima mengatakan bahwa Jepang memiliki ketertarikan yang besar terhadap proyek IKN Nusantara. 

BACA JUGA:Viral! Menteri Basuki Bergaya Nyentrik Jadi Fotografer Jokowi di KTT G20 Bali

BACA JUGA:Menteri Basuki Jadi Fotografer di G20, Gus Umar Bilang Begini

Berdasarkan permohonan Menteri MLIT, JICA telah mengajukan surat kepada Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga untuk melakukan survei di IKN pada akhir November ini.

"Melalui survei ini, kami ingin bertukar pendapat secara aktif dengan Indonesia terkait pembangunan kota berkelanjutan di IKN," ujar Wakil Menteri Mizushima.

Terkait kerjasama pembangunan jalan tol Akses Patimban, Menteri Basuki menjelaskan bahwa progresnya sudah berjalan baik sesuai rencana. 

Proses lelang konsultan dan kontraktor pelaksana akan berjalan paralel, dimana pelaksanaan konstruksi direncanakan untuk dimulai pada April 2023 yang akan datang dan dituntaskan pada akhir 2024.

Sumber: