Hore...! Bansos PKH Tahap 4 Cair Awal Desember 2022 di Kantor Pos, Berikut Cara Cek Melalui HP

Hore...! Bansos PKH Tahap 4 Cair Awal Desember 2022 di Kantor Pos, Berikut Cara Cek Melalui HP

Kemensos telah membangun sistem berbasis digital cekbansos.kemensos.go.id. Aplikasi cekbansos bisa diakses masyarakat dengan memasukkan nama sesuai KTP--

JAKARTA, FIN.CO.ID- Bansos PKH triwulan empat atau bantuan sosial Program Keluarga Harapan, disalurkan melalui Kantor Pos dan akan cair awal Desember 2022.

Bansos PKH periode ke-4 ini disalurkan ke 10 juta Keluarga Penerima Manfaat atau KPM dengan besaran Rp200 ribu hingga Rp3 jutaan tergantung hak penerima. 

Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia, Haris mengatakan, pihaknya kali ini akan menyalurkan 3 bansos sekaligus. Yakni bansos PKH, bansos BLT BBM dan bansos Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT alias bansos sembako. 

Bansos BPNT ini triwulan IV akan disalurkan kepada 18,8 juta KPM, dengan nominal bantuan Rp200 ribu.

BACA JUGA:Cek Bansos PKH, BLT BBM dan Bansos BPNT Cair Bulan Ini, Nilainya Rp200 Ribu sampai Rp3 Juta, Ini Linknya

"Karena menyalurkan tiga bantuan, uang yang disalurkan cukup besar sehingga butuh persiapan dengan baik, mitigasi risiko terkait pengamanan,” kata Haris belum lama ini. 

Sementara itu, BLT BBM atau bantuan langsung tunai bahan bakar minyak tahap 2 telah disalurkan sebesar 14 persen dari 20,65 juta penerima. 

Penyaluran BLT BBM telah disalurkan sejak tanggal 23 hingga 25 November 2022.

"Telah tersalurkan kepada 3 juta KPM. Rata-rata per hari kita salurkan kepada 1 jutaan KPM,” katanya. 

BACA JUGA:Siap-Siap, BLT BBM Tahap 2 dan Bansos PKH Segera Cair Bersamaan

Dia menargetkan penyaluran BLT BBM Tahap kedua tersebut akan selesai dalam 10 hari yakni menjangkau seluruh penerima yang ditugaskan melalui Pos Indonesia sebanyak 20,65 juta KPM. 

Dia menyatakan PT Pos Indonesia telah berkali-kali dipercaya menyalurkan bantuan sehingga telah memiliki pengalaman.

Terkait penyaluran BLT di wilayah 3T (terpencil, terluar, tertinggal) Haris optimistis petugas Pos telah terlatih mengatasi tantangan yang dihadapi.

“Petugas saat menerima data sudah maping (memetakan) lokasi penerima dan Kantorpos terdekatnya. Kemudian berkoordinasi dengan pemangku daerah untuk penjadwalan penyaluran. Kita menyiapkan transportasi, berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait dan aparat keamanan,” ujarnya.

Sumber: