Mensos: Prioritaskan Anak Korban Tragedi Kanjuruhan untuk Dapat Bansos

Mensos: Prioritaskan Anak Korban Tragedi Kanjuruhan untuk Dapat Bansos

Menteri Sosial bersama Anggota DPR RI Anisah Syakur memberikan santunan kepada 16 ahli waris dimana masing-masing menerima santunan senilai Rp15 juta--(dok.Kemensos)

PASURUAN, FIN.CO.ID -- Eni Anggraeni tak sanggup menahan tangis saat  Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Anggota Komisi VIII DPR RI Anisah Syakur menghampirinya di Kantor Kecamatan Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur, pada Sabtu, 15 Oktober 2022.

"Sabar ya mbak," kata Mensos sembari menggenggam tangannya. Suaminya menjadi salah satu korban meninggal dalam tragedi yang menewaskan setidaknya 132 orang itu, sementara dirinya menjadi korban luka-luka. Bersama suaminya, Eni memiliki anak berusia dua tahun.

BACA JUGA:Kemensos Terima Anugerah dari Komisi Aparatur Sipil Negara

BACA JUGA:Kemensos Berikan Santunan Rp15 Juta Kepada Ahli Waris Tragedi Stadion Kanjuruhan

Hal ini menjadi perhatian Mensos agar anak-anak yang orang tuanya meninggal dapat terdata dalam penerima bantuan sosial anak yatim.

"Berat ya, apalagi ada yang meninggalkan istri dan anak yang masih kecil. (Untuk itu) Kita akan lakukan secara khusus, misalnya meninggalkan anak yatim, maka akan kita masukkan ke dalam penerima bantuan sosial untuk anak yatim," katanya.

Dalam sambutannya di Pasuruan, Mantan Walikota Surabaya dua periode itu mengungkap belasungkawa kepada keluarga dan korban yang hadir.

"Kami atas nama pemerintah mengucapkan belasungkawa maupun kesedihan. Ini bukan hanya di Malang saja yang menderita, bukan di Pasuruan saja. Kami seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia ikut berbelasungkawa," katanya dihadapan keluarga yang hadir.

BACA JUGA:Respon Cepat, Bantuan Gempa Tapanuli Utara dari Kemensos Tiba Malam Ini di Tarutung

Di Pasuruan, Menteri Sosial bersama Anggota DPR RI Anisah Syakur memberikan santunan kepada 16 ahli waris dimana masing-masing menerima santunan senilai Rp15 juta. Adapun keluarga korban yang hadir berasal dari Pasuruan, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Probolinggo, dan Jember. Turut hadir tiga orang luka berat yang menerima santunan senilai Rp5 juta, dan empat orang korban luka ringan yang mendapatkan santuan sebesar Rp2,5 juta.

Anisah Syakur mengatakan Komisi VIII DPR RI selalu memberi dukungan penuh pada program-program dari Kementerian Sosial, termasuk santunan ini.

"Tentu ini juga bagian dari pada tugas-tugas kami juga di DPR RI, untuk selalu mendorong Kementerian Sosial melaksanakan tugasnya sesuai dengan tupoksi yang sudah disampaikan atau yang sudah ditetapkan," katanya.

Politikus asal Pasuruan ini juga mengungkapkan belasungkawa atas berpulangnya korban tragedi Kanjuruhan dan berharap agar yang menderita luka-luka bisa segera sembuh.

BACA JUGA:Kemensos: BLT BBM Sebagai Penguat ‘Bantalan’ Sosial

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: